Ingin Pandemi Segera Jadi Endemi, Wapres Minta Percepat Vaksinasi

Kamis, 21 Oktober 2021 - 16:14 WIB
loading...
Ingin Pandemi Segera Jadi Endemi, Wapres Minta Percepat Vaksinasi
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres ) Ma'ruf Amin meminta Forkopimda, perkuat koordinasi memasifkan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Hal ini dikatakan Wapres saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (21/10/2021).



"Dengan seluruh lapisan masyarakat dan swasta untuk selalu meningkatkan penerapan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi sebagai upaya menekan laju penyebaran Covid-19," tambahnya.

Wapres menyampaikan, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengakselerasi pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat dengan jemput bola.

Dengan demikian menurut Wapres, masyarakat yang memiliki keterbatasan pergerakan atau bertempat tinggal di wilayah yang jauh memiliki kesempatan yang sama untuk menerima vaksinasi.

"Untuk akselerasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19, diperlukan dukungan semua pihak agar terus aktif menyelenggarakan vaksinasi massal, melakukan jemput bola dengan antar jemput ke fasilitas kesehatan, atau door to door," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga menguraikan bahwa vaksinasi menjadi salah satu faktor penentu ditetapkannya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di suatu wilayah.

Untuk itu, agar Jawa Timur dapat menurunkan level PPKM di wilayahnya dan Indonesia secara umum dapat menuju masa endemi, maka akselerasi pemberian vaksinasi Covid-19 harus terus dilakukan.

"Saya harap kita semua melakukan akselerasi vaksinasi sesuai target sehingga kekebalan kelompok segera terbentuk sebagai salah satu upaya pengendalian pandemi Covid-19 menuju endemi," urai Wapres.

Wapres mengimbau jajaran pemerintah daerah dan pemerintah provinsi di Jawa Timur, agar secara aktif memantau pergerakan masyarakat khususnya dalam penerapan protokol kesehatan.

Sebab, penerapan protokol kesehatan merupakan salah satu upaya yang wajib dilakukan untuk menjaga diri dari wabah Covid-19, dan menjaga diri dari wabah merupakan kewajiban dalam Islam.

"Sesuai dengan tujuan dan ajaran syariat Islam yaitu maqashid asy-syariah terutama dalam menjaga keselamatan jiwa, dan prinsip al ikhtiraj anil waba wajib, menjaga diri dari wabah itu merupakan kewajiban," imbau Wapres.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)