Umrah Sistem Satu Pintu dan Karantina Dinilai Memberatkan Jamaah

Rabu, 20 Oktober 2021 - 01:12 WIB
loading...
A A A
“Pertemuan ini menyepakati bahwa gelombang awal ibadah umrah di masa pandemi akan memberangkatkan para petugas PPIU dengan syarat sudah divaksin dosis lengkap dengan vaksin yang diterima otoritas kesehatan Arab Saudi,” kata Hilman.

Kesepakatan lainnya, PPIU yang berencana memberangkatkan, segera menyerahkan data jamaah umrah kepada Ditjen PHU. Selain itu, untuk pemberangkatan dan pemulangan jamaah umrah dilakukan satu pintu melalui Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur atau Asrama Haji Bekasi.

Sebelumnya, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab mengatakan, pihaknya tengah merencanakan skema umrah satu pintu di masa pandemi Covid-19. Jamaah dari semua daerah nantinya hanya akan berangkat ke Arab Saudi melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Jamaah yang akan berangkat umrah akan ditempatkan terlebih dahulu di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, dan Asrama Haji Bekasi. Meski demikian, aturan rencana tersebut masih dalam kajian. Kemenag hingga kini masih berharap aturan karantina tidak ada, sehingga memudahkan jamaah.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2356 seconds (0.1#10.140)