Amien Rais Bukan Otak Pelengseran Gus Dur, Adhie Massardi: Dia Hanya Ketua MPR

Selasa, 19 Oktober 2021 - 20:23 WIB
Amien Rais Bukan Otak Pelengseran Gus Dur, Adhie Massardi: Dia Hanya Ketua MPR
Ilustrasi Presiden ke-4 RI Abdurrahmah Wahid (Gus Dur). Juru Bicara Kepresidenan era Gus Dur Adhie M Massardi mengakui bahwa otak pelengseran Gus Dur bukan Amien Rais. FOTO/DOK.SINDOnews/Tyud
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Kepresidenan era Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Adhie M Massardi mengakui bahwa otak pelengseran Gus Dur bukan Amien Rais. Kata Adhie, Amien Rais saat itu hanyalah sebagai Ketua MPR RI.

"Apa yang disampaikan Amien Rais itu betul. Karena konstelasi politik waktu itu kekuatan terbesar itu ada di PDIP mayoritas," kata Adhie M Massardi dihubungi SINDOnews, Selasa (19/10/2021) malam.

Kemudian, kata dia, kekuatan terbesar kedua di parlemen saat itu adalah Fraksi Golkar. Lalu, dia menambahkan kekuatan terbesar ketiga saat itu adalah Fraksi ABRI.

Baca juga: Cerita Amien Rais Seputar Pelengseran Gus Dur pada 2001

Walaupun sedikit, kata dia, Fraksi ABRI juga memiliki pengaruh. "Waktu itu Pak Amien itu kan hanya sebagai ketua MPR, semua tergantung kepada floor, sehingga yang terjadinya seperti itu," tutur Adhie.



Adhie mengakui banyak orang yang menyangka bahwa Amien Rais sebagai otak pelengseran Gus Dur. "Jadi, intinya begini, kalau waktu itu PDIP tidak bersedia dan Megawati tidak mau, itu sampai kapan pun tidak akan terjadi pelengseran Gus Dur," katanya.

Diberitakan SINDOnews sebelumnya, Amien Rais membantah sebagai otak di balik pelengseran Gus Dur. Menurut Amien, sangat berlebihan kalau ada yang mengatakan otak pelengseran itu adalah dirinya.

Baca juga: Ngaku Kepleset Lidah, Jubir Demokrat Minta Maaf Sebut Megawati Gulingkan Gus Dur

"Masak saya seorang? Kan (MPR) banyak akademisinya, banyak jenderalnya dan segala macam," ujar ketua Majelis Syura Partai Ummat ini di Channel YouTube Akbar Faizal Uncensored.
(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2361 seconds (11.97#12.26)