Cerita Amien Rais Seputar Pelengseran Gus Dur pada 2001

Selasa, 19 Oktober 2021 - 06:49 WIB
Cerita Amien Rais Seputar Pelengseran Gus Dur pada 2001
Amien Rais mengaku beberapa kali menemui Gus Dur, memintaya agar mengerem pernyataan-pernyataan yang sensitif bagi DPR sebelum akhirnya benar-benar dilengserkan lewat sidang istimewa MPR pada 2001. Foto/youtube Akbar Faizal
A A A
JAKARTA - Pada Pemilu 1999, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur terpilih sebagai presiden pertama pasca reformasi dalam sidang umum MPR yang diketuai Amien Rais . Nama Gus Dur dimunculkan sebagai alternatif di tengah kebuntuan oleh Poros Tengah yang juga diinisiasi Amien Rais.

Tetapi pertengahan 2001, Gus Dur akhirnya harus lengser dari kursi kepresidenan setelah dipecat MPR melalui sidang istimewa. Kesan terhadap sosok Amien Rais yang pernah dielu-elukan sebagai salah satu tokoh penggerak reformasi seketika berubah menjadi antagonis, khususnya bagi sebagian warga nahdliyin dan pendukung Gus Dur.

Apa jawaban Amien soal tudingan bahwa dia adalah otak di balik pelengseran Gus Dur?

”Jadi begini, saya itu bersahabat dengan Gus Dur, sesungguhnya bersahabat betul-betul. Bahkan yang meng-endorse Gus Dur jadi presiden itu saya di PP Muhammadiyah,” tutur Amien Rais menjawab pertanyaan Akbar Faizal dalam video yang diunggah di youtube, dikutip Selasa (19/10/2021).



Baca juga: Pengurus Daerah Partai Ummat Ramai-ramai Mundur, Begini Respons Amien Rais

Menurut Amien, sangat berlebihan kalau ada yang mengatakan pelengseran itu adalah Amien Rais. ”Masak saya seorang? Kan (MPR) banyak akademisinya, banyak jenderalnya dan segala macam,” ujar ketua Majelis Syura Partai Ummat ini.

Amien mengaku telah mengingatkan Gus Dur berkali-kali atas pembacaannya pada situasi dan peningkatan eskalasi politik kala itu. ”Saya kan membaca. Beberapa kali saya bilang, Gus kalau Anda itu tidak banyak bicara setiap Jumat, ekonomi kita ini sudah autopilot, bergerak bagus. Anda tenang saja, tidak perlu mengatakan bintang kejora boleh berkibar asal di bawah Merah Putih. Anda juga bicara kalau perlu Aceh referendum,” kata Amien .

Mantan Ketua PP Muhammadiyah itu mengingatkan bahwa pernyataan-pernyataan Gus Dur tersebut sangat sensitif bagi sejumlah kalangan. ”Gus, kata-kata ini berat lho implikasinya. Listen to me please. Kalau Anda sampai ambruk, Umat Islam ikut ambruk,” tutur Amien mengulang kalimatnya kepada Gus Dura kala itu.

Gus Dur pun mengatakan akan mendengarkan nasihat Amien. ”Iyo tak rungoke, Mas Amien, opo jaremu. (Ya, saya dengarkan Mas Amien, apa katamu lah) Ya Alhamdulillah…Omongan saya ini bisa dicek lewat Alwi Shihab,” ungkap Amien
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1366 seconds (10.177#12.26)