Penguatan Kerja Sama Bilateral Indonesia-Malaysia Bisa Bantu Memperkokoh ASEAN

Selasa, 19 Oktober 2021 - 13:03 WIB
loading...
A A A
Sementara, Founder KedaiKOPI Hendri Satrio menyatakan jika ditarik garis lurus, kemungkinan politik Indonesia dan Malaysia sama. "Dari reformasi, kita sama-sama paham, rupanya partai besar, tidak mudah untuk dikecilkan. Di Indonesia ada Golkar, di Malaysia ada UMNO. Keduanya masih eksis dan membuat partisipasi-partisipasi politik positif untuk kedua negara," ungkap Hensat, sapaan akrabnya.

Kedua negara, juga masih punya tantangan yang hampir serupa. Di Indonesia yang sudah mengalami Reformasi pada 1998, tantangannya masih ada hingga saat ini.

Misalnya soal masa jabatan presiden dua periode yang diamanatkan Reformasi. Tantangannya, saat ini muncul isu tentang penambahan masa jabatan presiden jadi tiga periode.

"Kemudian juga, supremasi sipil. TNI/polri kita batasi. Tapi sebentar lagi kita akan punya Plt (Pelaksana Tugas) terlama di dunia, setahun sampai dua tahun. Sebab, masa jabatan gubernur selesai pada 2022 dan kosong hingga Pemilu 2024. Ada opini akan diisi TNI/Polri," bebernya. Baca juga: Hina Habib Rizieq Sambil Tertawa, Kini McDanny Mewek Minta Maaf

Hensat kemudian menyitir buku "New Politics 2.0" yang ditulis Tatok. Salah satu bab di buku itu, kata Hensat, memuat tentang muslim demokrat di Tanah Air yang opini dan pemikirannya terbuka secara politik dan penuh toleransi. "Menurut saya, kita bisa belajar dari apa yang terjadi di Malaysia beberapa tahun belakangan ini," tandasnya.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9177 seconds (0.1#10.140)