6 Upaya Pemerintah Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Jelang Libur Panjang

Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:36 WIB
loading...
6 Upaya Pemerintah Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Jelang Libur Panjang
uru Bicara Penanganan dan Vaksinasi Covid-19 untuk Pemerintah, dr Reisa Broto Asmoro. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Jelang acara keagamaan atau libur panjang , mobilitas masyarakat meningkat tajam. Setiap pergerakan massa yang signifikan dinilai tidak terelakkan.



Pertama, memastikan pengurangan aktivitas diikuti dengan pengendalian lapangan yang ketat. Kedua, meningkatkan laju vaksinasi terutama di wilayah aglomerasi dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi.

"Tujuannya jika terjadi gelombang berikutnya,angka kematian dan perawatan rumah sakit dapat ditekan," ucap dr Reisa dalam Siaran Pers PPKM, yang disiarkan daring, Rabu (13/10/2021).

Ketiga, mendorong percepatan vaksinasi untuk anak pada saat Libur Natal dan Tahun Baru dengan harapan imunitas anak dari vaksin sudah terbentuk.

Keempat, mengantisipasi mobilitas pelaku perjalanan internasional yang melakukan kunjungan wisata ke Bali. Menyusul akan dibukanya Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Kelima, mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) serius untuk mengatasi kegiatan masyarakat, mengedukasi warga di daerah tentang rincian protokol kesehatan yang harus dijalankan.

"Fokus pemerintah saat ini adalah mempertahankan serendah mungkin dalam dalam waktu yang lama mungkin dengan penurunan kasus yang konsisten," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)