KLHK: Perlu Penanganan Bersama untuk Atasi Perubahan Iklim

Selasa, 05 Oktober 2021 - 20:11 WIB
loading...
KLHK: Perlu Penanganan Bersama untuk Atasi Perubahan Iklim
Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Laksmi Dhewanthi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan dan komitmen penurunan emisi GRK dan peningkatan ketahanan iklim di Indonesia dinilai penting. Sehingga dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi para pemangku kepentingan.



"Ayo kawal karbon kita guna mewujudkan Indonesia rendah emisi GRK dan berketahanan iklim: Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," kata Laksmi Dhewanthi dalam acara pembukaan Festival Iklim 2021 di Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Laksmi menjelaskan, Festival Iklim 2021 ini juga mengusung ajakan bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk turut mengawal dan berperan aktif penanggulangan perubahan iklim.

"Serta memicu inovasi untuk mewujudkan tujuan dan target yang tercantum dalam dokumen Updated NDC dan LTS-LCCR 2050," jelasnya.

Sementara, Bambang Hendroyono yang mewakili Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan, pengendalian perubahan iklim tidak dapat dilakukan oleh hanya Pemerintah saja, tetapi juga memerlukan kerja sama dengan peran dan pelibatan semua pihak.

"Pemerintah Daerah dan LSM, masyarakat bahkan mass media serta kerja sama bilateral dan multilateral menjadi bagian yang penting dari keseluruhan implementasi kebijakan perubahan iklim di Indonesia," ujarnya.

"Semua ini untuk tujuan penurunan emisi gas rumah kaca dan antisipasi dengan menjalankan program adaptasi untuk menjalankan ketahanan ekonomi, sosial dan jasa lingkungan," sambungnya.

Diketahui, KLHK kembali menggelar acara tahunan Festival Iklim 2021. Tahun ini, festival tersebut mengusung tema Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peningkatan Ketahanan Iklim untuk Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh, yang akan berlangsung dari tanggal 5 Oktober hingga 21 Oktober 2021.

Festival yang berlangsung selama 16 hari ini menampilkan berbagai macam kegiatan, antara lain serangkaian webinar dan FGD dengan beragam topik menarik seputar upaya penanggulangan perubahan iklim, kegiatan NDC Bootcamp untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman jurnalis mengenai NDC, serta lomba-lomba daring bertema perubahan iklim yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)