Milad Ilkom UNY Luncurkan Tujuh Buku Komunikasi

Minggu, 03 Oktober 2021 - 19:30 WIB
loading...
Milad Ilkom UNY Luncurkan Tujuh Buku Komunikasi
Wakil Dekan II FIS UNY Prof Suranto (kiri) dan Kaprodi Ilmu Komunkasi UNY Pratiwi Wahyu Widiarti (kanan) bersama perwakilan dosen dan mahasiswa dalam peluncuran simbolis buku karya dosen dan mahasiswa ilmu komunikasi, Sabtu (2/10). foto/istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Tujuh buku tentang komunikasi dan informasi diluncurkan menandai tujuh tahun perjalanan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang didirikan sejak 2014 lalu. Tujuh buku ditulis oleh dosen dan mahasiswa program studi ini.

baca juga: Resensi Buku Lagi Probation: Menikmati Susahnya Mencari Kerja

Ketujuh buku tersebut adalah Communication Today, Kontribusi Ilmu Komunikasi sebagai Post Discipline, yang membahas perkembangan bidang kajian keilmuan komunikasi yang semakin kompleks pada era digital. Lalu, Book Chapter Media Baru dan Pandemi Covid-19, buku kolaborasi karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY yang membahas tentang perkembangan media baru di tengah pandemi Covid-19.

Kemudian, Remaja Cakap Digital: Panduan Menjadi Generasi Z Yang Lihai Bermedia Digital. Buku panduan literasi digital yang ditujukan bagi para remaja. Berikutnya, Media sosial, representasi diri, dan second account. Studi deskriptif second account di Twitter dan Instagram. Buku ini merupakan hasil studi Laboratorium Ilmu Komunikasi UNY terkait fenomena pemanfaatan media sosial di Indonesia.

baca juga: Atas Nama Jenama dan Jemawa Proyek

Berikutnya, buku berjudul Seandainya Saya Seorang Jurnalis. Buku esai mahasiswa angkatan 2018 yang membahas fenomena jurnalisme dari sudut pandang mahasiswa. Selanjutnya, buku Kreasi: Kreativitas Kahasiswa Ilmu Komunikasi yang merupakan katalog karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY. Terakhir, buku Photo Story: Pahlawan yang Terlupakan, buku kompilasi karya fotografi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY.

Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta sekaligus dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNY Prof Suranto menuturkan, buku-buku yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UNY ini merupakan sebuah karya monumental yang menandai perjalanan Prodi yang relatif baru di UNY ini. Tujuh buku melambangkan tujuh tahun perjalanan yang sudah terlampaui.

baca juga: Kemewahan Bukan Jaminan Kebahagiaan

“Tentu saja harapannya buku ini juga menjadi pemantik dan motivasi bagi dosen dan mahasiswa Prodi Ilkom UNY untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi bangsa. Semoga di masa mendatang Prodi ini bsa terus berkembang dan semakin banyak emnghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya saat peluncuran tujuh buku, pada Sabtu (2/10).

Koordinator penerbitan Prodi Ilmu Komunikasi UNY Benni Setiawan menyampaikan proyek buku ini merupakan hasil kolaborasi civitas akademika Prodi Ilmu Komunikasi UNY. Tujuh buku ini melibatkan dosen serta mahasiswa dari berbagai angkatan dan menjadi bentuk kontribusi Ilmu Komunikasi UNY bagi masyarakat. “Buku ini menjadi bentuk tanggung jawab kami sebagai lembaga akademik untuk berkontribusi nyata kepada masyarakat. Oleh karena itu seluruh buku ini akan bisa diunduh gratis di website. http://ilkom.fis.uny.ac.id/,” kata dia.

baca juga: Nalar Sains untuk Kemajuan Indonesia


Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Pratiwi Wahyu Widiarti menuturkan, perkembangan kajian ilmu komunikasi di Indonesia begitu besar. Hal itu tak lepas dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu masif. Pesatnya perkembangan ini juga berdampak pada peminatan mahasiswa ilmu komunikasi yang besar, terutama di Universitas Negeri Yogyakarta. “Dari tahun ke tahun jumlah peminat di prodi Komunikasi UNY terus mengalami peningkatan yang cukup drastis. Bahkan tahun ini kami membuka empat kelas untuk angkatan baru karena animo pendaftar yang luar biasa besar,” katanya.

Ia berharap, di masa mendatang program studi Ilmu Komunikasi UNY bisa lebih banyak berkontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara terutama dalam mengembangkan kajian di bidang Ilmu komunikasi.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6648 seconds (0.1#10.140)