Novel Baswedan Bakal Direkrut Jadi ASN Polri

Rabu, 29 September 2021 - 09:05 WIB
loading...
Novel Baswedan Bakal Direkrut Jadi ASN Polri
Novel Baswedan merupakan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, menjadi salah satu nama yang bakal direkrut untuk menjadi ASN Polri. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Novel Baswedan merupakan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, menjadi salah satu nama yang bakal direkrut untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri.

Baca Juga: Novel Baswedan
Baca juga: Rencana Pegawai KPK Nonaktif Jadi ASN Polri Diharapkan Jadi Solusi Terbaik Kendati begitu, Argo belum dapat menuturkan lebih lanjut mengenai mekanisme atau proses perpindahan pegawai antarinstitusi tersebut. Ia mengatakan, aturan tersebut masih akan digodok dan dikoordinasikan dengan institusi terkait.

"Kami menggandeng (BKN dan KemenpanRB). Tunggu saja, nanti disampaikan," ujar Argo.

Dijelaskan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pihaknya sudah menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendapat restu akan permohonan itu.

"Berkirim surat kepada Pak Presiden untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri terkait pengembangan tugas-tugas di Bareskrim Polri, khususnya Dittipidkor (Direktorat Tindak Pidana Korupsi)," kata Sigit, Selasa (28/9/2021).

Dalam hal ini Sigit mengungkapkan, ada tugas-tugas tambahan di Korps Bhayangkara terkait dengan upaya pencegahan dan mengawal program penanggulangan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Oleh sebab itu, eks Kapolda Banten menyatakan, pegawai KPK yang tak lulus dapat menjadi ASN di Polri. Gayung bersambut, Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, telah memberikan sinyal positif atau mengizinkan.

"Prinsipnya beliau (Presiden) setuju 56 orang pegawai KPK tersebut untuk menjadi ASN Polri," ujar Sigit.

Ia mengatakan, organisasi akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI. Mekanisme pemindahan tersebut, kata dia, akan didiskusikan lebih lanjut.

"Karena kami melihat terkait dengan rekam jejak dan tentunya pengalaman tipikor tentunya sangat bermanfaat untuk memperkuat jajaran organisasi yang saat ini kita kembangkan untuk memperkuat organisasi Polri," tutup Sigit.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)