Strategi Berenang Melintasi Red Ocean ke Blue Ocean bagi Perusahaan

Selasa, 28 September 2021 - 18:36 WIB
loading...
A A A
Softex Indonesia adalah perusahaan lain yang mampu mengubah red oceans yang meliputi industry popok dan pembalut wanita. Sebelumnya Softex munculkan Sweety untuk memenuhi konsumen kelas menengah yang terlalu terlayani (kompleks dan kurang terjangkau).Sweety diperkenalkan sebagai solusi nilai uang terbaik untuk ibu pintar (dan bayi mereka).

Sweety begitu sederhana, pemahaman dan solusi mewah terjangkau bagi keluarga inti kontemporer Indonesia dengan bayi. Pada kategori pembalut wanita Softex berusaha keras untuk menciptakan pasar baru di kalangan wanita Indonesia yang berjiwa muda dengan varian Softex 'Hello Kitty'.

Tidak hanya itu, untuk yang sangat peduli kesehatan reproduksi solusinya datang dari varian Softex Daun Sirih (dengan sifat antiseptiknya selama berabad-abad sirih daun telah dikenal untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan perut dan kebersihan vagina).

Dengan adanya pandemi muncul kesadaran bahwa ada banyak kebutuhan yang belum terpenuhi di antara orang Indonesia akan produk yang mudah dikonsumsi, terjangkau dan enak serta sehat. Sasa Inti, sebuah perusahaan dengan pengalaman lebih dari lima dekade di pasar Indonesia dengan cepat mengidentifikasi kebutuhan ini. Tepung Bumbu Sasa sekarang diperkaya dengan vitamin dan mineral sementara krim kelapanya adalah omega 3, 6 dan diperkaya serat.

Jika kita melihat semua pasar dari visi Etic, kita mungkin akan dengan mudah melewatkan kebutuhan ini. Di negara-negara yang lebih maju, pendapatan disposabel yang tersedia di antara populasi umum memungkinkan vitamin, mineral, omega, dan serat ini dengan mudah dipenuhi. Faktanya, kurangnya barang-barang dasar itu paling buruk merupakan kejadian langka dan tidak menguntungkan.

Berenang melintasi red oceans dan muncul di blue oceans menjadi penggerak pertama merupakan keuntungan penting karena dengan menjadi fleksibel, perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan perubahan eksternal seperti permintaan dan tren konsumen. Dengan menjadi penggagas pertama, perusahaan mendapatkan keuntungan seperti biaya rendah dan skala ekonomi.

Ini juga alasan mengapa red oceans begitu berdarah karena produk dan layanan serupa telah disempurnakan dan direplikasi berulang-ulang dengan biaya lebih rendah, hal ini menyebabkan perusahaan takut untuk mencari opsi baru dan oleh karena itu dalam pertempuran terus-menerus untuk bertarung. Untuk pangsa pasar dengan memotong margin keuntungan lebih rendah dan lebih rendah.

Bagi perusahaan yang berhasil memperoleh keunggulan kompetitif yang menjadi penggerak pertama, penting bagi mereka untuk memanfaatkan peluang keunggulan tersebut semaksimal mungkin karena persaingan akan segera menyusul.

Sebagian besar perusahaan cenderung beradaptasi dengan tren baru daripada mencoba membentuk tren baru. Untuk menciptakan ruang pasar yang belum dimanfaatkan, perusahaan perlu menemukan tren yang dapat diamati hari ini dan melihat gambaran besarnya dan melihat apa yang terjadi pada nilai yang akan dimilikinya di masa depan.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)