600 Personel Aparat Gabungan Disiagakan Jaga Kantor KPK

Senin, 27 September 2021 - 10:51 WIB
loading...
600 Personel Aparat Gabungan Disiagakan Jaga Kantor KPK
Sekitar 600 orang personel aparat gabungan disiapkan untuk menjaga dan melakukan pengamanan di sekitar Gedung KPK. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekitar 600 orang personel aparat gabungan disiapkan untuk menjaga dan melakukan pengamanan di sekitar Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ). Penjagaan tersebut menindaklanjuti adanya aksi yang akan dilakukan oleh BEM Seluruh Indonesia (SI).

"Kita melaksanakan kegiatan pengamanan di area KPK, terkait ada pemberitahuan giat aksi penyampaian pendapat di muka umum dari teman-teman beberapa elemen," ujar Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus Rahmanto di depan Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/9/2021).

"Tentunya, ini ada kenaikan sedikit eskalasinya, agak menambah (personel) yang biasanya 500, sekarang 600 lah, seperti itu," tambahnya.

Agus menjelaskan bahwa pemberitahuan aksi oleh BEM SI sudah diterimanya dari beberapa hari lalu. Agus meminta agar BEM SI melakukan aksi dengan damai sesuai permintaan aliansi mahasiswa itu.

"Kami berharap ini seperti yang disampaikan, humanis, damai, dan kita enggak terlalu spesifik untuk perbanyak pasukan, tapi tetap kita kedepankan humanis, maka kita benar-benar kedepankan tim nego yang di depan personel polwan, nanti terus dan seterusnya," jelasnya.



Agus menegaskan bahwa pihaknya mengurangi adanya gesekan yang terjadi antara aparat gabungan dengan para mahasiswa yang akan melakukan aksi. "Kita benar-benar mengurangi gesekan yang terjadi, antara kami dengan rekan-rekan yang melaksanakan kegiatan. Karena, bagaimanapun juga yang disampaikan aksi damai, kita juga berusaha menyampaikan atau pun memberikan pelayanan pengamanan secara damai," ungkapnya.

"Antisipasi tetap kita perhitungkan dengan kemungkinan yang mungkin terjadi. Tetapi, kita yakin dan percaya bahwa hari ini akan damai," pungkasnya.

Sebelumnya, Aliansi BEM Seluruh Indonesia dengan Gerakan Selamatkan KPK bakal mengadakan aksi di depan Gedung KPK pada hari ini. Rencananya mereka akan melakukan aksi pada pukul 14.00 WIB.

Aksi tersebut untuk menindaklanjuti ultimatum yang dikirimkan pihaknya terhadap Presiden Joko Widodo terkait pemecatan 57 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan ( TWK ).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)