Jenderal Bintang 2 Ini Ungkap Perintah KSAD Andika Perkasa saat Jadi Pangdam, Mengejutkan!

Minggu, 26 September 2021 - 12:13 WIB
loading...
A A A
Di sinilah terobosan diambil Andika. Keputusan cepat itu sampai membuat Widodo terkejut. "Yang luar biasa dan saya kaget, petunjuk Pangdam waktu itu,'Sudah masukkan saja, yang penting dia sehat, yang penting mentalnya kuat, yang penting dia betul-betul NKRI'," kata Widodo.

Jenderal Bintang 2 Ini Ungkap Perintah KSAD Andika Perkasa saat Jadi Pangdam, Mengejutkan!

Widodo Iryansyah dan Andika Perkasa ketika bertugas di Kodam Tanjungpura. Foto/Tangkapan layar YouTube TNI AD

Benar saja. Kebijakan taktis itu membawa dampak nyata. Menurut Widodo, saat anak daerah menjadi tentara, dia menjadi kebanggaan masyarakat. "Itu yang namanya kepala suku-kepala suku Dayak di perbatasan itu mengelu-elukan dandim, danrem, karena putra-putranya yang terbaik diberikan kesempatan untuk menjadi tentara," kata jenderal kelahiran Surabaya ini.

Belajar dari pengalaman ini, Widodo menyebut betapa pentingnya diperlukan terobosan-terobosan berani. Keputusan itu pula yang dicontohkan langsung oleh atasannya, Mayjen Andika yang kini telah menjadi KSAD.

Widodo menegaskan, sikap berani Andika sangat beralasan. Menurutnya, yang paling mengerti persoalan daerah tak lain putra daerah. Karena itu, Andika juga memberikan petunjuk agar putra daerah (perbatasan) ditugaskan di daerahnya.

"Akhirnya tentara di perbatasan ini, putra daerah, dijadikan tokoh walaupun masih muda karena dia punya kewibawaan, ilmu yang didik selama ini. Jadi ya, Jenderal Andika yang membuat terobosan seperti itu," ucap mantan Dandim 0816/Sidoarjo ini.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)