Dikabarkan Tersangka, Azis Syamsuddin Muncul di Suap Lampung Tengah hingga Tanjungbalai

Kamis, 23 September 2021 - 16:31 WIB
Dikabarkan Tersangka, Azis Syamsuddin Muncul di Suap Lampung Tengah hingga Tanjungbalai
Dikabarkan Tersangka, Azis Syamsuddin Muncul di Suap Lampung Tengah hingga Tanjungbalai
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI asal Golkar Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Azis Syamsuddin diduga terjerat kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara yang sedang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

Dugaan tersebut menguat setelah Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menginformasikan pihaknya sedang melakukan penyidikan atas kasus suap terkait penanganan perkara di Lampung Tengah. Sejalan dengan proses penyidikan tersebut, maka otomatis KPK sudah menetapkan tersangka dalam kasus ini.

"KPK saat ini sedang melakukan penyidikan perkara dugaan TPK pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara TPK yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah," kata Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Azis Syamsuddin Dikabarkan Tersangka, Besok Diperiksa KPK

Sayangnya, Ali masih enggan membeberkan secara detail siapa saja tersangka dalam perkara tersebut. Pun demikian terkait konstruksi perkaranya. KPK akan mengumumkan tersangka serta membeberkan secara detail konstruksi perkara setelah adanya proses penangkapan dan penahanan. "Pengumuman tersangka, akan kami sampaikan pada saat dilakukan upaya paksa penangkapan dan/atau penahanan," imbuhnya.

Nama Azis Syamsuddin sendiri sudah sering muncul dalam sejumlah kasus dugaan korupsi yang ditangani KPK. Salah satunya, dalam perkara korupsi yang menjerat mantan Bupati Lampung Tengah, Mustafa.



Bersama mantan Direktur PT Jasa Lampung Utama (LJU) Aliza Gunado, nama Azis muncul dalam sidang korupsi Mustafa pada 11 Februari 2021. Mantan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Lampung Tengah Taufik Rahman bersaksi dalam sidang bahwa ada fee Rp2,5 miliar untuk mengurus Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat tahun 2017 melalui Aliza Gunado yang diserahkan kepada Azis Syamsuddin.

Baca juga: Santer Dikabarkan Tersangka, Azis Syamsuddin Sudah Sebulan Tak Ngantor di DPR

Aliza Gunado merupakan salah satu saksi yang telah dicegah KPK ke luar negeri terkait kasus dugaan suap penanganan perkara mantan Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial (MS). Aliza Gunado erat kaitannya dengan Azis Syamsuddin.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1473 seconds (10.55#12.26)