Indonesia Harus Luwes, Ambil Untung dari Rivalitas China vs AUKUS

Rabu, 22 September 2021 - 16:21 WIB
loading...
A A A
"Yang saya maksud menyangkut status nine dash linedi Natuna Utara, saya pikir momentum ini bagus untuk kita manfaatkan menekan China. Selama ini ASbelum memberikan statement dan intervensi, China menempatkan diri single majority power di Laut China Selatan. Itu sebenarnya tidak bagus, dia semena-mena, menunda semua persoalan yang harusnya dilakukan," ujarnya.

Jadi, Syarief menegaskan, dengan momentum ini tentunya melalui diplomasi yang kuat dan dalam menghadapi situasi yang ada saat ini, Indonesia bisa secara agresif melobi China untuk menentukan sikap tentang nine dash line tersebut agar tidak terjadi lagi klaim sepihak karena jelas sudah dilindungi UNCLOS di PBB.

Karena situasi yang terjadi akan berkepanjangan, sambung Syarief, dan berdasarkan pengalaman kalau ada dua kekuatan militer yang berlomba di satu kawasan dan Indonesia tetap pada sikap netral dan nonblok, maka Indonesia akan mendapatkan ikannya atau manfaatnya.

"Saya setuju itu. Sekali lagi, pemerintah mesti bisa mengambil keuntungan dari situasi ini. Di samping mengambil keuntungan tentunya pemerintah bisa memanfaatkan lobinya kepada mereka yang terkait berpotensi konflik untuk tetap menyatakan sikap dari pemerintah kita," tegas mantan menteri Koperasi dan UKM ini.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3102 seconds (0.1#10.140)