Koopgabsus Tricakti TNI: 7 Teroris Poso Tewas Sepanjang 2021

Selasa, 21 September 2021 - 11:52 WIB
loading...
A A A
Teroris Qatar dan Rukli tewas di tempat dalam operasi senyap yang berlangsung pada Minggu (11/7/2021) sekitar pukul 03.00 WITA.

Qatar yang dikenal sadis adalah eksekutor utama teroris Poso. Dia dipanggil Amir atau pimpinan dalam jaringan kelompok teroris Poso tersebut. Hal ini terungkap dalam sejumlah dokumen yang berhasil dibongkar dan dianalisa Tim Analis Koopsgabsus.

Selama ini Qatar dan Ali Kalora berpisah karena ada ketidakcocokkan dan pertentangan di antara dua pemimpin teroris tersebut.

Enam hari pasca penyergapan Tokasa (17/7/2021), aparat keamanan TNI Polri Satgas Madago Raya, berhasil menyergap dan menembak mati satu teroris Abu Alim yang melarikan diri dari sergapan Tim Tricakti 3 di daerah Batutiga, Torue, Parimo.

Melalui operasi yang terintegrasi secara terus-menerus, Sabtu (18/7/2021), pasukan TNI dan Polri Satgas Madago Raya, yakni Tim Sogili kembali berhasil menewaskan 2 teroris Poso di Perkebunan dekat dengan perkampungan Dusun Astina, Balinggi, Parimo. Hasil identifikasi korban tewas adalah Ali Kalora dan Jaka Ramadan.

Periode Januari sampai pertengahan September 2021, operasi perburuan yang digelar tersebut telah berhasil melumpuhkan 7 orang DPO Teroris MIT Poso, termasuk tokohnya yakni Qatar dan Ali Kalora.

Pangkoopsgabsus Tricakti Mayjen TNI Richard TH Tampubolon, yang dihubungi melalui saluran telepon, mengatakan saat ini hanya empat DPO teroris yang tersisa.

"Mohon dukungan doa buat semua prajurit yang terus agresif dan bekerja keras di lapangan, agar segera dapat menumpas sisa empat DPO teroris lainnya," kata Richard saat ini menjabat sebagai Dankoopssus TNI.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)