Inalum Dorong UMKM Gunakan Pasar Digital untuk Tingkatkan Bisnis

loading...
Inalum Dorong UMKM Gunakan Pasar Digital untuk Tingkatkan Bisnis
PT Inalum (Persero) ikut mendukung rencana Pemerintah dengan mendorong pengusaha lokal untuk menggunakan PaDi.
JAKARTA - Guna memudahkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terlibat aktif dalam penyerapan APBN, Kementerian BUMN meluncurkan Pasar Digital (PaDi) UMKM. PT Inalum (Persero) ikut mendukung rencana Pemerintah tersebut dengan mendorong pengusaha lokal untuk menggunakan PaDi.

PaDi bermanfaat untuk memberi ruang dan peluang bagi UMKM untuk mendapatkan transaksi dari BUMN dan meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses pengadaan barang dan jasa. Pada periode Januari-September 2021,44 mitra telah terdaftar di PaDi UMKM dan total belanja Inalum sebesar Rp1,5 miliar.

Direktur Pelaksana Inalum Operating Sophia Wattimena mengatakan, Inalum terus berkomitmen untuk mendukung peran UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian bangsa. Sophia menilai, dengan adanya PaDi, maka UMKM di Indonesia ke depan berpotensi untuk tumbuh positif.

“Inalum Operating terus mendorong vendor lokal untuk berinovasi dan meningkatkan kapasitas organisasi agar bisnisnya berkembang. Platform PaDi memberi kemudahan dan transparansi baik bagi UMKM maupun perusahaan sehingga masing-masing pihak tercipta kerja sama yang saling menguntungkan,” ujarnya.



Salah satu mitra Inalum, Koperasi Pemasaran Berkah Sejahtera Gemilang juga ikut bergabung dalam PaDi. Koperasi yang berada di Kabupaten Batu Bara ini menjual berbagai jenis hasil masyarakat daerah.

"Kami koperasi yang bergerak di bidang pemasaran. Kami memberdayakan anggota dan masyarakat sekitar untuk menjualkan barang yang mereka produksi. Seperti pupuk, alat kebutuhan kebersihan sampai makanan dan minuman," ujar Yosep Rizal, Sekretaris Koperasi Berkah Sejahtera Gemilang.

Rizal menjelaskan koperasi ini sudah lama bermitra dengan Inalum. Koperasi biasa memasok kebutuhan Inalum dari sisi makanan dan minuman siap saji. Tak hanya itu, koperasi menyediakan kebutuhan catering dan kue-kue kering untuk Inalum.

"Kami sudah lama bermitra dengan Inalum. Kami memasok kebutuhan Inalum seperti kebutuhan pokok karyawan. Selain itu, kami juga biasanya menyediakan catering dan kue-kue jika Inalum ada acara atau tamu," katanya.

Rizal tergerak untuk mengikutsertakan koperasi untuk bergabung ke PaDi. Selama ini hal yang awam bagi UMKM untuk bisa bekerja sama dengan BUMN. Padahal, dengan kerja sama ini UMKM bisa terdorong untuk ikut serta dalam memenuhi kebutuhan BUMN.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top