Kasus COVID-19 di Sejumlah Negara Naik, Menlu Bersyukur Indonesia Minus

Kamis, 19 Agustus 2021 - 19:16 WIB
loading...
Kasus COVID-19 di Sejumlah Negara Naik, Menlu Bersyukur Indonesia Minus
Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 di sejumlah negara di dunia kembali mengalami kenaikan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 di sejumlah negara di dunia kembali mengalami kenaikan. Terutama di kawasan Amerika Utara, Eropa, dan Oceania.

“Pada periode 12 sampai 19 Agustus 2021, beberapa kawasan mengalami kenaikan kasus mingguan di antaranya Amerika Utara sebesar 12%, Eropa sebesar 3%, dan Oceania 24%,” kata Retno secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Retno juga mengatakan bahwa kasus COVID-19 di kawasan ASEAN mengalami penurunan sebesar minus 0,4%. Meski, di beberapa negara di ASEAN masih mengalami kenaikan signifikan seperti Brunei Darussalam mengalami kenaikan 304%, Filipina 41%, Vietnam 12%, dan Thailand 6%.

“Kita di Indonesia alhamdulillah di periode tersebut, dapat kembali menekan penyebaran kasus yaitu sebesar minus 22%,” ungkap Retno.

Retno mengatakan untuk mengurangi penyebaran virus, dua langkah utama yang diambil oleh negara-negara dunia yaitu pembatasan mobilitas orang dan penerapan prokes, protokol kesehatan, serta percepatan atau akselerasi vaksinasi.

“Selain untuk mengurangi kemungkinan penularan vaksinasi dapat mengurangi kemungkinan hospitalisasi dari tingkat kematian,” kata Retno.

Retno memaparkan bahwa data dari berbagai negara menunjukkan bahwa mayoritas mereka yang terinfeksi dan menjalani rawat inap adalah mereka yang belum divaksin. “Analisis oleh Public Health England menunjukkan bahwa vaksinasi dua dosis efektif dapat mencegah hospitalisasi dan kematian karena varian Delta,” ucapnya.

Sementara itu, data CDC Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa hospitalisasi dan kematian di Amerika Serikat menurun sejak vaksinasi dimulai awal 2021. “Sementara data Health Institute menunjukkan 19% kematian di Italia terjadi para penderita COVID-19 yang belum divaksin,” paparnya.

Namun, Retno meminta harus tetap waspada meski terjadi penurunan kasus COVID-19 di Indonesia. “Penurunan kasus di Indonesia janganlah membuat kita lengah sebaiknya terus waspada. Beberapa contoh kita lihat bahwa negara yang sudah mengalami zero COVID-19 berbulan-bulan pun dapat mengalami penularan kembali. Mari kita terus berikhtiar. Mari kita bersama-sama terus mendukung program vaksinasi dan mempercepat laju vaksinasi.”
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)