Kemenkes: 80% Kasus Baru Covid-19 di Tanah Air dari Varian Delta

Rabu, 18 Agustus 2021 - 18:36 WIB
loading...
Kemenkes: 80% Kasus Baru Covid-19 di Tanah Air dari Varian Delta
Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, varian Delta mendominasi kasus Covid-19 di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, saat ini varian Delta mendominasi pelaporan kasus Covid-19 di seluruh dunia.

“Varian Delta, merupakan varian baru yang saat ini mulai mendominasi pelaporan varian di hampir seluruh negara di dunia,” kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (18/8/2021).

Nadia pun mengingatkan kemampuan penularan varian Delta ini lebih tinggi serta memunculkan gejala dan keparahan lebih tinggi. “Dengan kemampuan penularan yang lebih tinggi, serta potensi untuk memunculkan gejala dan keparahan lebih tinggi, maka kita harus selalu waspada,” katanya.

Nadia mengatakan Indonesia terus berupaya melakukan kegiatan sequencing untuk memantau penyebaran varian baru baik dari yang berasal dari luar maupun dari lokal. “Per tanggal 18 Agustus sudah lebih dari 500.000 sequencing dilakukan dengan 80% hasil adalah varian Delta,” kata Nadia.

Nadia pun mengimbau provinsi-provinsi untuk lebih waspada dan meningkatkan testing dan tracing mengingat jumlah varian Delta yang terdeteksi cukup tinggi di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua dengan angka testing rate di bawah rata-rata nasional. “Bagi provinsi-provinsi yang belum melaporkan atau belum menemukan varian ini untuk tetap diharapkan memiliki kewaspadaan yang sama dengan provinsi yang sudah melaporkan varian-varian baru ini,” tegas Nadia.

Nadia meminta agar provinsi-provinsi tersebut meningkatkan upaya testing, tracing dan laporkan kasus-kasus yang masuk kriteria untuk dilakukan pemeriksaan sekuensing ke laboratorium rujukan sequencing yang telah ditunjuk. “Sekali lagi upaya pengendalian dan vaksinasi yang kita lakukan saat ini masih terbukti efektif untuk mencegah penularan dan mencegah keparahan serta kematian akibat infeksi varian Delta ini,” paparnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)