Turut Meriahkan Upacara HUT RI, Ini Aksi Tim Nusantara dan Garuda Flight TNI AU

Selasa, 17 Agustus 2021 - 14:34 WIB
loading...
Turut Meriahkan Upacara HUT RI, Ini Aksi Tim Nusantara dan Garuda Flight TNI AU
Dua tim TNI AU menyuguhkan atraksi dalam upacara peringatan Kemerdekaan RI di Istana Negara. Foto/ist
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Udara (AU) turut memeriahkan Upacara HUT ke-76 RI yang digelar di halaman Istana Merdeka hari ini, Selasa (17/8/2021). Sebanyak delapan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon melaksanakan fly pass.

Delapan unit F-16 itu mengemban misi yang diberi nama Garuda Flight. Di bawah pimpinan flight leader Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto lepas landas dari Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur untuk melaksanakan misi flypast.

Dari arah utara Istana Merdeka menuju Selatan mereka melakukan formasi arrow head pada ketinggian 1.000 kaki dan melaksanakan manuver bomb burst tepat di atas Istana Merdeka.



Selepas tim Garuda Flight melintas, giliran tim bernama Nusantara Flight yang menyuguhkan aksi memukau. Misi Nusantara Flight dipimpin langsung oleh Letkol Pnb Akhmad M. Mulyono.

Sebanyak enam unit pesawat helikopter bergabung dalam misi ini. Adapun sebanyak enam pesawat helikopter terlibat yang terdiri dari satu helikopter jenis EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 dan tiga helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja.

Kemudian, terdapat pula dua helikopter NAS-332 L1 Super Puma dari Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma. Misi penerbangan ini menampilkan penerbangan bendera raksasa berwana Merah Putih berukuran 30x20 Meter yang terbang dari arah Timur ke Barat untuk melintas di depan Istana Merdeka.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)