Beri Penghormatan kepada Para Pahlawan, Jokowi Pimpin Renungan Suci di TMP Kalibata

Selasa, 17 Agustus 2021 - 00:43 WIB
loading...
Beri Penghormatan kepada Para Pahlawan, Jokowi Pimpin Renungan Suci di TMP Kalibata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, pada malam hari ini. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, pada malam hari ini. Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara memulai apel kehormatan dan renungan suci pada pukul 00.00 WIB.

Upacara kehormatan sekaligus renungan suci yang digelar di TMP Kalibata ini digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara ini dilakukan sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah mengabdi kepada nusa dan bangsa.

"Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, kami yang hadir hari ini, Selasa 17 Agustus 2021, pukul 00.00, pada upacara mengenang jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini," ucap Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021).

Dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan penghormatan kepada 10.190 pahlawan yang disemayamkan di TMP Kalibata. Sebanyak 10.190 pahlawan itu, terdiri dari TNI dan Polri sebanyak 9.192 pahlawan; Badan Perjuangan sebanyak 892 pahlawan; Tokoh Nasional sebanyak 63 pahlawan; dan pahlawan yang tidak dikenal sebanyak 43.

"Begitu pun para pahlawan yang tidak dikenal, nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai dan di dasar-dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dala mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," ungkap Jokowi.

Jokowi menyatakan segenap bangsa Indonesia bersumpah dan berjanji, akan melanjutkan perjuangan para pahlawan. ”Sebab, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang ditempuh para pahlawan adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh tuhan Yang Maha Esa dan di tempat yang sebaik-baiknya," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)