HUT RI di Istana Akan Tampilkan Naskah Asli Proklamasi Tulisan Soekarno

Senin, 16 Agustus 2021 - 22:23 WIB
loading...
HUT RI di Istana Akan Tampilkan Naskah Asli Proklamasi Tulisan Soekarno
Naskah asli proklamasi tulisan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno, akan ditampilkan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa 17 Agustus 2021. Foto/Ariedwi Satrio
A A A
JAKARTA - Naskah asli proklamasi tulisan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno, akan kembali ditampilkan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada hari kemerdekaan Indonesia, Selasa, 17 Agustus 2021, besok. Naskah tersebut akan ditampilkan saat upacara peringatan proklamasi kemerdekaan RI.

Baca Juga: proklamasi
Baca juga: Sepenggal Kisah Naskah Proklamasi, Ditandatangani Soekarno-Hatta di Atas Piano

"Telah kami terima dari ANRI yang selanjutnya akan kami bawa ke Istana Merdeka dan rencananya besok, pada tanggal 17 Agustus 2021 dokumen tersebut akan dihadirkan dan juga disandingkan bendera pusaka pada upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI," kata Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (16/8/2021).

Sementara itu, Direktur Preservasi ANRI, Kandar menjelaskan, naskah asli teks proklamasi tulisan Presiden Soekarno sudah dilestarikan di ANRI sejal 1992. Naskah tersebut merupakan salah satu benda yang sangat bersejarah bagi kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karenanya, naskah tersebut sangat dijaga keamanan dan kelestariannya.

"Ini tahun kedua dihadirkan di Istana Negara bersandingan dengan teks proklamasi ketikan Sayuti Melik dan juga bendera pusaka," kata Kandar.

"Dan juga selama ada di Istana itu juga pengaturan suhu, dan kelembabannya, bahkan pencahayaannya diatur sedemikian rupa oleh tim Arsip Nasional bersama tim dari Setpres ini tetap upaya mengamankan, melestarikan secara ketat dengan berbagai hal standar kearsipan internasional dan juga prokes ketat," sambungnya.

Sekadar informasi, tahun ini merupakan tahun kedua arsip bersejarah tersebut dihadirkan di Istana Merdeka bersandingan dengan teks proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik dan bendera pusaka. Hal ini merupakan salah satu upaya edukasi kepada masyarakat luas mengenai awal mula sejarah Indonesia.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5297 seconds (0.1#10.140)