Jokowi Minta Hasil PCR Maksimal 1x24 Jam, Kemenkes: Nanti Dimatangkan Dulu

Minggu, 15 Agustus 2021 - 16:37 WIB
loading...
Jokowi Minta Hasil PCR Maksimal 1x24 Jam, Kemenkes: Nanti Dimatangkan Dulu
Kemenkes memastikan akan menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait dengan harga tes PCR. Namun terkait dengan lamanya hasil tes PCR keluarga masih akan dirumuskan lebih lanjut. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ) memastikan akan menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan harga tes PCR. Namun terkait dengan lamanya hasil tes PCR keluarga masih akan dirumuskan lebih lanjut.

"Nanti dimatangkan tim dulu ya," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Minggu (15/8/2021).

Dia mengatakan untuk yang aksesnya mudah, maka akan diminta hasilnya 1x24 jam. Namun jika masih perlu pengiriman spesimen akan dibuat mekanisme tersendiri.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Harga Tes PCR Diturunkan

"Untuk yang aksesnya mudah akan diminta memberikan hasil 1x24 jam. Tapi yang masih perlu pengiriman spesimen atau tidak di kabupaten/kota yang sama mungkin ini akan dibuat mekanisme dengan pemanfaat teknologi informasi," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi juga meminta agar hasil tes PCR bisa diketahui lebih cepat. seperti diketahui saat ini pada umumnya hasil tes bisa diketahui dalam waktu 3x24 jam.

"Selain itu juga saya minta tes PCR diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1x24 jam. Kita butuh kecepatan," katanya.

Baca juga: Tindak Lanjuti Perintah Jokowi, Kemenkes Pastikan Harga Tes PCR Rp450.000-Rp550.000
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)