Refly Harun Sebut PPP Jauh Lebih Strategis Ikut Gerbong Anies-AHY

Selasa, 10 Agustus 2021 - 20:47 WIB
loading...
Refly Harun Sebut PPP Jauh Lebih Strategis Ikut Gerbong Anies-AHY
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ahli hukum tata negara yang juga pemerhati perpolitikan Indonesia Refly Harun menilai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan lebih strategis berada dalam gerbong Anies-AHY dalam Pilpres 2024. PPP bisa ikut dengan PKS dan Demokrat mengusung duet Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.

Menurut Refly, Demokrat dan PKS tinggal mencari satu partai lain untuk diajak berkoalisi. "Baik PKS yang barangkali akan mendukung Anies Baswedan maupun Demokrat berada di posisi yang sama sebagai kubu oposisi. Memang, mereka masih membutuhkan satu lagi partai politik. Tapi, tidak mungkin partai politik tidak mau (mengusung Anies-AHY) kalau mereka melihat peluang menang," jelas Refly dikutip SINDOnewsdari video berjudulLIVE! SIAPA MAU ANIES-AHY? TERDEPAN DI SURVEI!! diChannel YouTube Refly Harun, Selasa (10/8/2021).

Kata Refly, pasti ada satu partai yang merapat ke duet Anies-AHY ini. "Misalnya, katakanlah, yang ikut PPP saja, itu sudah selesai. Karena Demokrat 54 kursi, PKS 50 kursi sudah 104 kursi. Ditambah PPP 19 menjadi 123 kursi, cukup. Dan PPP menurut saya, jauh akan lebih strategis kalau dia ikut dalam gerbong Anies-AHY," jelas Refly.



Refly menambahkan, jika ada di gerbong Anies-AHY, bisa jadi PPP akan dapat coat-tail effect atau efek ekor jas. "Walaupun orang akan menganggap kalau dia lihat AHY, maka dia akan lihat Demokrat. Tapi lihat Anies kan belum tentu 100 persen lihat PKS. Bisa jadi, di situlah mengambil poin dari Anies PPP," ujarnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)