Faldo Maldini Sebut Pandemi Tak Bisa Ditangani Sendiri, Mesti Libatkan Negara Tetangga

loading...
Faldo Maldini Sebut Pandemi Tak Bisa Ditangani Sendiri, Mesti Libatkan Negara Tetangga
Faldo Maldini menekankan bahwa tidak ada negara manapun yang bisa bebas menyelamatkan dirinya sendiri di masa pandemi Covid-19. Foto/tangkapan layar
JAKARTA - Staf Khusus Mensegnes Faldo Maldini mengungkap bahwa penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia tidak bisa dijalankan sendirian oleh pemerintah namun harus ada kolaborasi dengan masyarakat dan negara tetangga di sekitarnya.

"Pandemi Covid-19 ini memang adalah krisis global yang harus kita selesaikan, setiap negara memiliki kebijakan, kekuatan, dan kelemahannya masing-masing dalam menangani," ujar Faldo Maldini saat menjadi narasumber dalam diskusi Polemik Trijaya yang mengangkat tema 'Ekonomi Politik Pandemi' Sabtu (31/7/2021) di Youtube MNC Trijaya.

Baca juga: Pandemi! Pembelajaran Adaptif, Kunci Masa Depan Pendidikan Indonesia

Ia mengungkapkan dengan banyaknya prediksi terkait Covid-19, tidak ada negara yang dapat keluar dari pandemi Covid-19 sendirian.



"Kemarin contoh paling baru Singapura mencoba untuk membuka membuka batas negara mereka (berdamai dengan Covid-19) tapi ternyata kasusnya naik lagi. Ini mungkin dikarenakan negara tetangganya seperti di Indonesianya dan Malaysia belum beres. Jadi pandemi Covid-19 ini penanganannya regional," jelas Faldo Maldini.

Baca juga: Faldo Maldini Jadi Stafsus Mensesneg, Pengamat Bilang Enggak Penting dan Cuma Bagi-Bagi Kekuasaan

Ia menekankan bahwa tidak ada negara manapun yang bisa bebas menyelamatkan dirinya sendiri di masa pandemi Covid-19.

"No one country and solve alone. Pemerintah menetapkan kebijakan PPKM berjilid-jilid ini merupakan salah satu jalan keluar dengan tetap mendengarkan masukan dari berbagai pihak untuk menyelesaikan pandemi dengan strategi yang obyektif dan adaptif," kata Faldo Maldini.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top