Pandemi, Ujian bagi Pemimpin untuk Keluar dari Krisis

Kamis, 29 Juli 2021 - 01:58 WIB
loading...
Pandemi, Ujian bagi Pemimpin untuk Keluar dari Krisis
Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Didik J.Rachbini mengungkapkan, bahwa pandemi ini jadi ujian bagi pemimpin. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Pandemi virus Corona (Covid-19) yang sudah berlangsung setahun lebih di Indonesia ini, cukup memberikan dampak cukup besar. Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Didik J.Rachbini mengungkapkan, pandemi ini jadi ujian bagi pemimpin.



Didik yang juga Ketua Dewan Pengurus Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) ini menjelaskan, kritik atas pola kepemimpinan di saat krisis pandemi harus terus disuarakan, sebab tidak mungkin lingkaran dalam kekuasaan melakukan kritik atas jalannya pemerintahan.

Ketika masalah ini ditanyakan lagi, Didik malah mengungkap pengalaman 9 tahun lalu ketika mendengar ceramah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa dia butuh waktu pendekatan 51 kali untuk memindahkan sector informal tanpa harus menggusur.

"Kalau dengan pola ini ingin memindahkan transmgrasi, sampai kapanpun tidak akan berhasil," jawab Didik diplomatis.

Menurut Didik yang juga Rektor Unversitas Paramadina ini, menyatakan, tidak sulit memahami bagaimana APBN itu, karena tidak rumit dan mudah diteliti, apalagi jiak ada kejanggalan antara pemasukan dan pengeluaran.

"Jika anatara pemasukan dan pengeluaran adaperbedaan atau disparitas yang cukup tinggi , itu namanya defisit. Nah,defisit anggaran atau APBN kita saat ini sangat besar, tidak sesuai dengan penggunaannya," katanya.

Di sisi lain, Didik menegaskan, defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 ini sangat besar yaitu sekitar seribu triliun rupiah.

Ini terlihat dari angka pendapatan yang bersumber dari pajak dan non pajak (hibah dan royalty) sebesar 1699 triliun, tapi pengeluaran atau belanja pemerintah pusat dan daerah sebesar Rp2.670 triliun.

Angka defisit 1.000 triliun rupiah ini naik naik tiga kali lipat dari defisit sebelum pandemi Covid-19 yang hanya sekitar 300 triliun rupiah. Kenapa demikian? Ketika APBN ini disusun, proyeksi penambahan anggaran untuk penanganan Covid dinaikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)