PPP Bertekad Jadikan Kader sebagai Wapres Seperti Hamzah Haz, Pengamat: Harus Punya Tokoh Hebat

Senin, 26 Juli 2021 - 13:45 WIB
loading...
PPP Bertekad Jadikan Kader sebagai Wapres Seperti Hamzah Haz, Pengamat: Harus Punya Tokoh Hebat
Hamzah Haz. Foto/Tangkapan layar YouTube Official iNews
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bertekad kembali menempatkan kadernya sebagai wakil presiden (wapres), seperti Hamzah Haz 20 tahun silam. Pengamat politik Review Ujang Komarudin menilai ada beberapa hal yang perlu diperhatikan PPP untuk bisa mencapai target tersebut.

Pertama, kata Ujang, PPP harus punya tokoh yang hebat atau memiliki elektabilitas tinggi sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Kedua, lanjut Ujang, bargaining position atau posisi tawar dalam koalisi partai-partai juga harus tinggi. "Jika bargainingnya rendah, partai-partai lain pun malas menjadikan kader PPP sebagai cawapres," kata Ujang kepada SINDOnews, Senin (26/7/2021).

Hal tersebut dikatakan Ujang menanggapi pernyataan politikus PPP Syaifullah Tamliha yang mengatakan partainya akan merebut kembali posisi RI 2 di era Hamzah Haz 20 tahun silam. Hamzah Haz terpilih menjadi wakil presiden (Wapres) kesembilan pada 26 Juli 2001.

Baca juga: Hamzah Haz Tokoh Fenomenal PPP dan Sangat Membumi

Hamzah Haz yang menjadi ketua umum PPP saat itu terpilih sebagai Wapres setelah unggul dari Akbar Tandjung di putaran ketiga pemilihan di MPR RI. "Bisa-bisa saja. Namun itu sangat berat. Karena bargaining position PPP saat ini kecil, karena PPP mendapat suara buncit partai yang lolos ke Senayan," ujar Ujang menanggapi optimisme Syaifullah Tamliha itu.

Namun, menurut Ujang, apa yang dikatakan Syaifullah Tamliha itu sah-sah saja. "Mungkin untuk mengajak dan menyemangati semua kader PPP agar mati-matian berjuang untuk merebut simpati rakyat," pungkasDirektur Eksekutif Indonesia Political Review.
(zik)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3421 seconds (11.97#12.26)