Panglima TNI Tinjau Langsung Kesiapan Tempat Isolasi Terpusat di Bantul Yogyakarta

Sabtu, 24 Juli 2021 - 20:52 WIB
loading...
Panglima TNI Tinjau Langsung Kesiapan Tempat Isolasi Terpusat di Bantul Yogyakarta
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau langsung pelaksanaan Isoter di Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 Bambanglipuro Bantul, DIY, Sabtu (24/7/21). Foto/Puspen TNI
A A A
JAKARTA - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau langsung pelaksanaan Isolasi Terpusat (Isoter) di Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 Bambanglipuro Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (24/7/21). Dalam kunjungannya, Panglima TNI didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, dan Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus.

"Saya melihat secara langsung kesiapan tempat Pelaksanaan Isolasi Terpusat (Isoter) yang berada di wilayah Bantul sudah sangat bagus baik Isoter yang berada ditingkat Desa maupun Kecamatan," ujarnya.

Usai meninjau lokasi Isoter di Bantul Panglima TNI menjelaskan bahwa saat ini kasus aktif di Indonesia masih cukup tinggi oleh sebab itu seluruh komponen harus bekerja bersama-sama secara serius untuk menangani pandemi COVID-19. “Ada pelajaran yang berharga ketika Lebaran Idul Fitri tahun ini yaitu dua minggu setelah Lebaran kasus aktif melonjak,” jelasnya.

Panglima TNI mengatakan bahwa ada beberapa yang harus dilakukan dalam menghadapi lonjakan kasus COVID-19 yaitu melaksanakan tracing kontak, selanjutnya melaksanakan vaksinasi dan yang terakhir melaksanakan pembagian obat.

Menurut Panglima TNI, tracing adalah kunci untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. “Kedatangan saya ke Bantul adalah untuk mengecek secara langsung apakah di setiap Puskesmas sudah ada tenaga tracing untuk menerima informasi, notifikasi dari dinas kesehatan ke Puskesmas,” tuturnya.

Hadi berharap dengan adanya lokasi Isoter di setiap wilayah dapat membantu pasien COVID-19. “Nantinya TNI Polri akan membantu pelaksanaksanaan vaksinasi dan tracing secara terus menerus dan masif sehingga kita bisa menekan angka kasus positif ketingkat paling rendah,” jelas Panglima TNI.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)