Cerita Penyintas Covid 'Alumni' RSDC Wisma Atlet dan Kegigihan Nakes yang Bertugas

Kamis, 22 Juli 2021 - 11:53 WIB
loading...
A A A


Untuk jadwal pengambilan makanan dilakukan tiga kali sehari yaitu pagi pukul 07.00 WIB, siang pukul 12.00 WIB, dan malam pukul 18.00 WIB. Makanan diberikan bersama obat-obatan sebanyak tiga kali sehari. Sementara, snack atau makanan ringan diberikan pukul 08.00 WIB. Semua informasi terkait pelayanan dilakukan melalui jalur koordinasi menggunakan Grup WhatsApp (WA).

Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet Kemayoran adalah melakukan olahraga di lapangan seperti voli, sepak bola, lari, atau senam dengan musik. Bisa pula sekadar berjemur pada pagi harinya.

RSDC Wisma Atlet Kemayoran turut menyediakan tim psikologi kesehatan mental untuk memberikan motivasi kepada pasien agar dapat segera pulih. Perawat juga membuka layanan konseling psikologi online (telekonseling) setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB dan pelayanan psikologi tatap muka (visit) setiap Senin dan Kamis mulai pukul 09.00-13.00 WIB.

Pada hari kesepuluh, beberapa pasien akan melakukan tes swab PCR, untuk mengetahui kondisi terkini, apakah sudah negatif dan boleh pulang ke kediamannya masing-masing atau tidak. Hasil tes akan diberikan setelah 1x24 jam.

Setelah hasil tes menunjukkan negatif, dokter akan merekomendasikan pasien untuk pulang dan melanjutkan isolasi mandiri di rumah. Pada hari berikutnya, pasien diberikan surat pulang yang berisi hasil tes PCR beserta surat keterangan telah melakukan isolasi mandiri di RSDC Wisma Atlet Kemayoran.



Apresiasi Nakes
Kegigihan tenaga kesehatan di Wisma Atlet patut diacungi jempol. Walaupun jumlah perawat dan dokter yang terbatas, tidak menjadi halangan untuk memberikan berbagai pelayanan kepada pasien Covid-19.

"Kami (perawat) yang berjaga di setiap lantai dengan jumlah pasien Covid-19 mencapai 70 orang hanya dua orang dan dokter tidak dapat standby karena bertanggung jawab untuk tiga lantai," kata seorang perawat.

Beberapa pasien pun turut memberikan ucapan terima kasih kepada para nakes dan dokter yang telah merawat mereka untuk sembuh dari virus Covid-19. "Terima kasih banyak untuk perawat dan dokter yang tetap semangat merawat dan menyemangati kita selama di Wisma Atlet Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan perlindungan. Untuk teman-teman yg masih dirawat smg lekas negatif dan secepatnya bisa berkumpul kembali dengan keluarga. Aamiin yra ????," tulis Fathatunisa, salah satu pasien Covid-19 yang telah sembuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3741 seconds (0.1#10.140)