Effendy Choirie Ingatkan Jangan Sampai Idul Adha Jadi Klaster Baru

Selasa, 20 Juli 2021 - 00:41 WIB
loading...
Effendy Choirie Ingatkan Jangan Sampai Idul Adha Jadi Klaster Baru
Ketua DPP Partai Nasdem, Effendy Choirie mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mentaati anjuran pemerintah dan ulama agar menggelar Saalat Idul Adha di rumah saja. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Nasdem , Effendy Choirie mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mentaati anjuran pemerintah dan ulama agar menggelar Salat Idul Adha di rumah saja.

"Pemerintah dan ormas Islam sudah melarang takbiran keliling juga Salat Idul Adha di lapangan atau di masjid. Sepatutnya kita ikuti aturan tersebut," anjur Effendy Choirie dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/7/2021).

Sebab, jika tidak dilarang akan berpotensi menjadi klaster baru penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Saat ini, jumlah masyarakat yang terpapar virus Corona terus mengalami kenaikan yang signifikan. "Kita tidak mau Idul Adha justru jadi klaster terbaru," ujar dia mewanti.

Untuk itu, menurut Effendy Choirie, sebagai umat Islam wajib untuk menjalankan aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dan ulama karena baik untuk seluruh masyarakat.

Gus Choi, biasa Effendy Choirie disapa juga menegaskan jika pemerintah dan ulama melarang bukan tanpa dalil. Dalilnya, di dalam Islam harus lebih mencegah kerusakan ketimbang memperoleh kemaslahatan dan COVID-19 merupakan wabah yang sangat merusak. "Saya kira dalil-dalil semua shohih."

Lagian, lanjut Gus Choi, Salat Idul Adha juga sifatnya sunnah. Sedangkan salat yang sifatnya wajib saja dianjurkan dan lebih baik dilakukan di rumah saja.

Masih kata politisi senior ini juga mengingatkan agar panitia kurban untuk menjaga protokol kesehatan (prokes) ketika melakukan pemotongan hewan kurban.

Anjuran ini dilakukan karena setiap pemotongan hewan kurban, banyak warga setempat yang kerap berkerumunan hanya untuk melihat-lihat. Jadi, panitia kurban harus benar-benar ketat dalam menjalankan aturan prokes.

Begitupun pada saat pembagian daging kurban. Diharapkan, panitia langsung membagikan secara door to door agar tidak ada antrean atau kerumunan. "Bisa bahaya kalau warga berkerumun. Nanti jadi klaster kurban," tandas Gus Choi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)