Ini Daerah yang Dinilai Siap Laksanakan New Normal

Rabu, 27 Mei 2020 - 22:33 WIB
loading...
A A A
Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa untuk daerah yang belum memiliki kasus positif perlu dipersiapkan fasilitas kesehatan dan simulasinya. Sementara untuk daerah yang R0nya sudah kurang dari 1 diharapkan bisa melakukan protokol untuk simulasi di lapangan sebelum membuka kegiatan.

"Kepala daerah dan forkopimda diharapkan juga bisa melakukan koordinasi dan menyusun protokol untuk uji coba di lapangan sebelum membuka kegiatan. Dan prasyarat kesehatan yang dikoordinasikan dan oleh menteri kesehatan dan gugus tugas menjadi prasyarat mutlak," katanya.

Airlangga menyebut ada beberapa daerah yang kasus Covid-19 relatif menurun. Di antaranya Jawa Tengah, Bali, DKI Jakarta, DI Yogyakarya, Aceh, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Riau. Lalu Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Dan Kalimantan Barat.

Namun berdasarkan data Bappenas ada tujuh daerah yang dinilai siap membuka kegiatan. "Beberapa daerah sudah terindikasi siap yaitu Aceh, Riau, Kalimantan Utara, Maluku, Jambi, DKI Jakarta sesudah 4 Juni nanti. Kemudian Jawa Barat ada beberapa daerah. Jawa Barat PSBBnya sampai tanggal 29 Mei," pungkasnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)