Prof Wiku Ungkap 26% Kelurahan dan Desa di Indonesia Malas Pakai Masker

Sabtu, 17 Juli 2021 - 21:30 WIB
loading...
Prof Wiku Ungkap 26% Kelurahan dan Desa di Indonesia Malas Pakai Masker
Prof Wiku Adisasmito mengatakan, banyak kelurahan dan desa di Indonesia yang tidak patuh prokes. Hal inilah yang membuat penyebaran Covid-19 cukup tinggi. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan, masih banyak kelurahan dan desa di Indonesia yang tidak patuh protokol kesehatan (prokes).

Menurutnya, hal inilah yang membuat tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia masih cukup tinggi. Begitupun dengan Satgas Covid-19 di tingkat daerah, dirasakan masih belum maksimal.

"Ada sekira 26% kelurahan dan desa di Indonesia yang masih rendah kepatuhannya memakai masker dan jaga jarak," kata Wiku, saat zoom meeting di Jakarta, Sabtu (17/7/2021).

Menurutnya, hal itu harus menjadi perhatian dari pemerintah tingkat kota maupun kabupaten. Sehingga, penyebaran virus Covid-19 dapat lebih ditekan dan kematian akibat Covid-19 tidak bertambah besar.

"Ini menjadi pelajaran bagi kita, ternyata penularan masih tetap ada. Optimalisasi Satgas atau pemda," ungkapnya.

Lebih jauh, pihaknya mengimbau kepada Satgas Covid-19, untuk memperhatikan pembatasan aktivitas masyarakat. Terutama saat peringatan Hari Raya Idul Adha, sehingga penyebaran Covid-19 dapat lebih dikendalikan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)