Lapor Jokowi, Menkes Sebut Kebutuhan Oksigen Melonjak Jadi 2.000 Ton per Hari

Jum'at, 16 Juli 2021 - 14:47 WIB
loading...
Lapor Jokowi, Menkes Sebut Kebutuhan Oksigen Melonjak Jadi 2.000 Ton per Hari
Menkes Budi Gunadi Sadikin melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa kebutuhan oksigen medis di Tanah Air meningkat dari sebelumnya 400 ton perhari menjadi hampir 2.000 ton perhari. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gelombang kedua infeksi virus Corona (Covid-19) yang disebabkan oleh varian delta tengah melanda Indonesia. Peningkatan kebutuhan oksigen pun tidak terelakkan demi menyelamatkan pasien positif yang tengah bertaruh nyawa.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sudah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa kebutuhan oksigen medis di Tanah Air meningkat dari sebelumnya 400 ton perhari menjadi hampir 2.000 ton perhari.

"Kami update ke kabinet bahwa kebutuhan oksigen meningkat pesat, dari sebelumya 400 ton perhari naik sekarang hampir jadi 2.000 ton perhari," kata Budi usai mengikuti rapat dengan Presiden secara virtual, Jumat (16/7/2021).

Pemerintah, kata Budi, juga sudah berusaha keras agar produsen oksigen dalam negeri bisa memaksimalkan hasil produksinya untuk kebutuhan medis.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi menginstruksikan produsen dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis nasional. Kebutuhan oksigen medis di Indonesia melonjak drastis seiring dengan naiknya kasus Covid-19. Bahkan kelangkaan terhadap barang itu kerap terjadi di daerah episentrum. Jokowi yakin bila industri dalam negeri mengamankan pasokan dan distribusi nasional maka kebutuhan oksigen masyarakat bisa dipenuhi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)