PPKM Darurat Diperpanjang, DPR Sebut Pemerintah Siap Tambah Bansos

Kamis, 15 Juli 2021 - 09:39 WIB
loading...
PPKM Darurat Diperpanjang, DPR Sebut Pemerintah Siap Tambah Bansos
Penyaluran bansos Covid-19. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - DPR menilai pemerintah dalam posisi siap menambah bantuan sosial ( bansos ) jika kebijakan PPKM Darurat diperpanjang. Diketahui, pemerintah telah menyalurkan berbagai bantuan untuk mengurangi beban masyarakat dan instansi yang terdampak Covid-19.

Anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno yakin bahwa pemerintah kembali menggelontorkan bansos. "Pemerintah siap mengucurkan tambahan anggaran bantuan sosial. Mekanismenya sudah diatur dalam Undang-Undang APBN 2021," kata Hendrawan, Kamis (15/7/2021).

Menurut dia, pemerintah mengalokasikan anggaran sangat besar untuk berbagai program bansos . Dia menilai akselerasi penyerahan bantuan sosial mesti ditingkatkan apalagi di masa PPKM Darurat. "Program sosial lembaga-lembaga pemerintah dan BUMN juga diharapkan dipergencar. Kita harus all out," tuturnya.



Selain itu, Hendrawan menilai solidaritas sosial, disiplin sosial, dan sinergitas antar komponen masyarakat harus dimaksimalkan. "Jangan lupa, Indonesia adalah negara dengan indeks kedermawanan sosial yang tinggi, salah satu yang tertinggi di dunia," pungkasnya.

Berdasarkan data per Senin, 12 Juli, Dapur Umum Balai Wyata Guna Bandung menyalurkan 4.686 butir telur atau sebanyak 2.343 paket. 503 paket untuk tenaga kesehatan di RSUD Kota Bandung, 480 paket disalurkan ke Rumah Sakit Bhayangkara, 600 paket untuk Rumah Sakit Hasan Sadikin, dan 538 diserahkan ke Rumah Sakit Al Ikhsan.



Kemudian, 50 paket telur untuk Rumah Sakit Muhammadiyah, warga isoman di Balai Wyata Guna mendapatkan 17 paket, warga isoman di Cibeureum 35 paket, personel linmas Kelurahan Pasir Kaliki menerima 10 paket, Tim TAGANA dan Penerima Pelayanan mendapatkan 40 paket, serta angota Polsek Cicendo mendapatkan 70 paket.

Sedangkan di Jakarta, dapur umum Kementerian Sosial dipusatkan di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta. Dapur umum TMPNU Kalibata rata-rata memproduksi 15 ribu kotak makanan siap saji dan 15 ribu butir telur rebus setiap hari.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2279 seconds (0.1#10.140)