Indonesia Jadi Episentrum COVID-19, Epidemiolog: Science Tidak Pernah Berbohong

Kamis, 15 Juli 2021 - 06:16 WIB
loading...
Indonesia Jadi Episentrum COVID-19, Epidemiolog: Science Tidak Pernah Berbohong
Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman mengatakan tingginya kasus saat ini membuat Indonesia menjadi episentrum COVID-19. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman mengatakan tingginya kasus saat ini membuat Indonesia menjadi episentrum COVID-19 . Dia menilai bahwa hal ini sudah diprediksi sejak tahun lalu.

Sehingga baginya ini bukan suatu hal yang menganggetkan. “Ini bukan hal yang mengagetkan. Dan bukan hal yang tidak bisa diprediksi,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (15/7/2021).

Dicky mengingatkan bahwa science tidak akan pernah bohong jika dilakukan analisis secara benar. Menurutnya, prediksi secara scientific harusnya menjadi landasan untuk melakukan mitigasi.

“Sekali lagi science itu tidak membohongi ketika dilakukan dengan analisa yang benar dan asumsi-asumsi yang kuat. Dan itu namanya proyeksi, mitigasi harusnya menjadi landasan penyusunan strategi mitigasi untuk mencegah supaya prediksi itu tidak terjadi. Itu dasar pemodelan atau proyeksi itu,” paparnya.

Dia pun menyayangkan kondisi Indonesia saat ini. Padahal berbagai prediksi tahun lalu soal potensi Indonesia sebagai episentrum COVID-19 harusnya menjadi pengingat agar jangan sampai terjadi. Baca juga: Covid-19 Melonjak, 4 Zodiak Ini Punya Daya Tahan Tubuh Kuat

“Dan Indonesia sudah jadi episentrum. Dan sangat disayangkan bahwa saya sudah sampaikan tahun lalu. Indonesia berpotensi menjadi episentrum. Harusnya itu jadi pengingat jangan sampai terjadi,” tandasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)