Pantau dan Bantu Pasien Isolasi Mandiri

Senin, 12 Juli 2021 - 06:31 WIB
loading...
A A A
Dia menuturkan, waktu perburukan pasien isoman sejak dari ringan menjadi berat dan kritis belakangan ini semakin cepat yakni antara 4-5 hari, padahal beberapa bulan sebelumnya bisa mencapai 10-14 hari.

Layanan telemedicine untuk warga DKI Jakarta diharapkan mampu membantu warga Ibu Kota yang sedang isoman sehingga kejadian kematian bisa lebih dihindari. Dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, ada 11 platform telemedicine yang sudah bekerjasama dengan Kemenkes, yaitu Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter dan KlinikGo. Selain itu Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQdan YesDok

Alur mendapatkan layanan yakni dimulai dari Lab pemeriksaan PCR yang terafiliasi dengan Kemenkes. Ada 743 Lab pemeriksaan PCR yang sudah terafiliasi dan terkoneksi langsung dengan Kemenkes, 114 Lab di antaranya ada di Jakarta. Ketika hasil tes PCR di Lab dimaksud terkonfirmasi positif Covid-19, maka Lab akan mengentri data pasien dan terhubung langsung dengan Kemenkes. Dalam jangka waktu 1 hari, pasien akan menerima pesan Whatssapp dari Kemenkes yang memuat link untuk konsultasi online dan sebuah kode untuk mendapatkan obat gratis.

Sementara itu, Arian Vivaldi, VP Marketing Alodokter mengatakan, sebagai perusahaan pengembang teknologi solusi kesehatan di Indonesia, Alodokter menghadirkan layanan kesehatan berupa pendampingan dokter pribadi secara gratis bagi setiap pasien Covid-19 yang menjalani Isoman sejak Mei 2020 dan disambut dengan baik oleh masyarakat. Kini, program pendampingan dokter pribadi gratis ini dikembangkan oleh Kemenkes menjadi salah satu program pemerintah untuk menyediakan layanan bagi pasien Covid-19 yang menjalani Isoman.

"Kami ikut serta dalam program pemerintah tersebut, kini pasien Covid-19 yang menjalani Isoman dapat berkonsultasi secara intensif dengan tim dokter dari Alodokter setiap saat, selayaknya dokter pribadi. Untuk pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif berhak mendapatkan paket obat isolasi mandiri gratis. Ujicoba saat ini hanya di wilayah DKI Jakarta," ungkapnya.

Untuk telekonsultasi yang datang dari daftar Kemenkes, ataupun datang secara mandiri dengan melampirkan bukti PCR akan Alodokter terima keduanya karena Alodokter sudah menyiapkan aplikasi khusus untuk pendamping dokter pribadi.

Pendampingan dokter pribadi atau khusus pasien Covid-19 saat ini dapat diakses dari pukul 5 pagi sampai dengan 11 malam. Tetapi untuk pelayanan konsultasi dokter spesialis dapat diakses di Alodokter secara mandiri dan tersedia 24jam.

Hal senada diutarakan oleh dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia. Good Doctor atau Grab Health turut membantu pemerintah untuk mengetahui bagaiman kondisi masyarakat apakah mereka OTG, gejala ringan atau berat. Jika sudah ada tanda- gejala berat langsung akan dirujuk ke RS. Namun layanan ini baru untuk wilayah DKI Jakarta.

Dia menuturkan, untuk mereka berstatus OTG dan gejala ringan, bisa melakukan isoman dan pihaknya merekomendasikan obat secara gratis. Untuk mereka yang tanpa gejala hanya diberi vitamin termasuk dalam paket A dan tetap diberi edukasi untuk tetap isoman. Jika ada gejala ringan maka akan diberi obat paket B berisi antibiotik, antivirus dan vitamin juga.

"Pasien mengirimkan resep digital ke Kimia Farma yang ditunjuk pemerintah lalu obat akan dikirimkan melalui ekspedisi Si Cepat semua gratis dari pemerintah. Pengiriman obat dilakukan sekali tapi untuk konsultasi dokter bisa berkali kali dalam waktu 10-15 menit setiap konsultasi," jelas Adhi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)