Butuh Rawat Inap? Cek di Sini Ketersediaan Tempat Tidur Rumah Sakit di Daerahmu

Jum'at, 09 Juli 2021 - 12:03 WIB
loading...
Butuh Rawat Inap? Cek di Sini Ketersediaan Tempat Tidur Rumah Sakit di Daerahmu
Karyawan menata tempat tidur di dalam ruang perawatan rumah sakit khusus COVID-19 yang dioperasikan oleh Siloam Hospital Group (SHG) di perbatasan Surabaya-Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (17/2/2021). FOTO/DOK.SINDOnews/ALI MASDUKI
A A A
JAKARTA - Lonjakan kasus COVID-19 secara eksponesial di Indonesia telah menyebabkan sebagian besar rumah sakit penuh pasien. Tak jarang rumah sakit terpaksa mendirikan tenda darurat untuk menampung pasien yang datang.

Keterbatasan tempat tidur yang dimiliki, berakibat pada sulitnya mengakses rumah sakit, tidak hanya dialami pasien COVID-19 tapi juga pasien dengan penyakit lain. Tak jarang masyarakat terpaksa putar-putar keliling kota untuk mencari rumah sakit yang masih bisa menerima pasien.

Merespons kondisi ini, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan Sistem Informasi Rawat Inap Versi 2.0 (SIRANAP V 2.0). Melalui sistem ini, masyarakat bisa mengetahui ketersediaan tempat tidur di rumah sakit daerahnya.

Baca juga: Rakyat Lagi Susah, Jangan Ditambah Susah Lagi dengan Wacana Bangun Rumah Sakit Khusus Pejabat

Bagi masyarakat yang ingin mengaksesnya, bisa langsung masuk ke situs yankes.kemkes.go.id/app/siranap. Pada tampilan muka situs, terdapat dua pilihan untuk mencari tempat tidur Covid-19 atau tempat tidur non Covid-19. Pengunjung dapat mengklik pilihan yang dibutuhkan.

Setelah diklik, pengunjung tinggal memilih wilayah dan kabupaten/kota yang dituju lalu klik cari. Situs akan menampilkan informasi tempat tidur yang masih kosong di rumah sakit-rumah sakit yang ada di wilayah yang dituju. Di situ juga ditampilkan nomor telepon rumah sakit untuk mengkonfirmasi ketersediaan bed.

SIRANAP V 2.0 juga menampilkan alamat lengkap rumah sakit, termasuk detail tempat tidur yang dimiliki. Apakah Anda sedang mencari rumah sakit, silakan dicoba.

Baca juga: Lorong Rumah Sakit Kolaps, Luhut: Kita Harus Antisipasi!
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6236 seconds (0.1#10.140)