Keterisian RS Tinggi, Satgas Warning 14 Provinsi di Luar Pulau Jawa-Bali

Selasa, 06 Juli 2021 - 21:23 WIB
loading...
Keterisian RS Tinggi, Satgas Warning 14 Provinsi di Luar Pulau Jawa-Bali
Pasalnya untuk saat ini keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit (RS) sudah sangat tinggi yakni berkisar antara 50 hingga 80%. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memperingatkan 14 provinsi yang ada di luar Pulau Jawa dan Bali. Pasalnya keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit (RS) sudah sangat tinggi yakni berkisar antara 50 hingga 80%.



“Tingginya BOR pada provinsi-provinsi ini perlu segera ditindaklanjuti. Mohon bagi pemerintah daerahnya untuk mulai mengkonversi jumlah tempat tidur dan menambah fasilitas isolasi terpusat di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Wiku mengatakan bahwa masyarakat juga dapat berkontribusi dalam menekan angka BOR di wilayahnya masing-masing. Dimana jika mengalami gejala covid-19 atau kontak erat dengan pasien positif maka tidak perlu panik.

“Segera hubungi puskesmas setempat untuk segera dilakukan pemeriksaan dan penelusuran kontak. Sambil menunggu hasil pemeriksaan teruslah berkonsultasi dengan petugas puskesmas agar isolasi mandiri dapat selalu terpantau. Ingat melapor ke puskesmas sangat membantu dalam pendataan dan pelacakan kontak serta penanganan covid-19 bisa didapatkan dengan gratis tanpa dipungut biaya apapun,” pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)