AHY ke Kepala Daerah Demokrat: Tak Ada yang Lebih Bernilai daripada Nyawa

Jum'at, 25 Juni 2021 - 08:39 WIB
loading...
AHY ke Kepala Daerah Demokrat: Tak Ada yang Lebih Bernilai daripada Nyawa
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan pengarahan kepada seluruh kepala daerah yang merupakan kader Demokrat dari Jawa Timur melalui teleconference. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan pengarahan kepada seluruh kepala daerah yang merupakan kader Demokrat dari Jawa Timur melalui teleconference pada Rabu 23 Juni 2021.

Dalam teleconference, AHY mendengarkan laporan langsung para kepala daerah, yang hampir semua daerah di Jatim mengalami peningkatan kasus dari status yang semula daerah oranye, kecuali Bangkalan yang masih merah. Sumber utamanya dari pendatang dan kegiatan keramaian seperti hajatan.

"Madiun, misalnya, yang selama 7 bulan pertama sempat terendah kasusnya, mengalami lonjakan kasus karena orang berbondong-bondong datang ke Madiun. Peningkatan kasus terjadi dalam skala yang berbeda-beda," kata AHY melalui keterangan yang disampaikan Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat pada Kamis (24/6/2021) malam.

Kemudian, para kepala daerah juga menyampaikan strategi yang dilakukan untuk menanggulanginya adalah memperkuat fasilitas kesehatan (faskes), memperkuat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, terus jalankan vaksinasi dan berharap agar transparansi dan akurasi data lapangan di daerah tetap dijaga. "Tidak ada yang lebih bernilai daripada nyawa," tegas putra sulung Presiden RI ke-6 itu.

Untuk itu, AHY meminta para kader utama yang juga kepala daerah ini, melakukan lima hal berikut. Pertama, jalankan kepemimpinan efektif dalam menangani krisis Covid-19. Kedua, jalankan manajemen sumber daya yang tepat sasaran. "Alokasi yang proporsional terkait menyelamatkan jiwa dan kesehatan masyarakat; menyiapkan jaring pengaman sosial pada masyarakat miskin dan tidak mampu; dan memulihkan ekonomi daerah," terangnya.
Ketiga, sambung AHY, hadirkan pemerintahan dan birokrasi yang responsif dan melayani, terutama daam menjalankan kebijakan 3T dan vaksinasi secara masif. Keempat, bangun sinergi dan kolaborasi abtara pusat dan daerah; juga antar daerah karena pandemi ini bersifat lintas batas (borderless) dan indiskriminatif.

Kelima, kata dia, bangun sinergi dan kolaborasi antara jajaran eksekutif dan legislatif, juga dengan Forkopimda dan satgas covid-19 di daerah masing-masing, terutama dalam menerapkan protokol kesehatan 5M yakni menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, mencegah kerumunan dan mengurangi mobilitas. "Mari terus jaga protokol kesehatan. Stay safe everyone!," seru AHY mengakhiri.

Teleconference dihadiri oleh Wagub Jatim Emil Dardak; Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji; Wakil Bupati Trenggalek Syah M. Natanegara; Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati; Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Albarraa; Bupati Lamongan Yuhronur Efendi; Wakil Bupati Lamongan Kiai Abdul Rouf; Wakil Bupati Tuban Riyadi; Walikota Malang H. Sutiaji; Bupati Madiun Ahmad Dawami; Bupati Magetan Pak Suprawoto; dan Walikota Madiun Maidi.

Sementara AHY didampingi oleh Sekretaris Jenderal Teuku Rifky, Wakil Sekjen Agust Jovan Latuconsina, Kepala Badan Komunikasi Strategis/Koordinator Juru Bicara Herzaky Mahendra Putra, dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan DPP Partai Demokrat Tomi Satryatomo.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)