LIPI Temukan Dominasi Covid-19 Varian India Menggila sampai Karawang

Minggu, 20 Juni 2021 - 23:03 WIB
loading...
LIPI Temukan Dominasi Covid-19 Varian India Menggila sampai Karawang
LIPI melarang seluruh pegawainya masuk kantor dan memerintkan bekerja dari rumah. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menginstruksikan para pegawainya untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama 21 hingga 25 Juni 2021. Para pegawai Pusat Penelitian Biologi LIPI juga dilarang keluar rumah saat WFH.

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI Nomor : B-3103/III/KP.06.01/6/2021. Di mana, dalam surat edaran tersebut, para pegawai Pusat Penelitian Biologi LIPI diminta untuk WFH jika benar-benar tidak ada pekerjaan yang mendesak.



Tak hanya itu, para pegawai juga diimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal itu dilakukan demi melindungi lingkungan kantor dan keluarga para pegawai Pusat Penelitian Biologi LIPI dari penyebaran Covid-19.

Surat tersebut diedarkan sehubungan dengan ditemukannya virus corona varian baru. Dalam surat edaran tersebut dijelaskan, bahwa berdasarkan hasil Whole Genom Sequencing (WGS) yang dilakukan oleh tim peneliti LIPI menunjukkan adanya dominasi varian India atau Delta yang ditemukan pada sampel di Karawang.

Perlu diketahui, di surat edaran tersebut dijelaskan bahwa WGS adalah salah satu metode untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia. WGS juga sebagai salah satu upaya mencegah masuknya varian Covid-19 yang berasal dari luar Indonesia.



Adapun, surat edaran tersebut ditandangani oleh Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI, Dr Atut Kanti Ssi, MSI, Msc, pada 18 Juni 2021.

Beredarnya surat edaran tersebut dibenarkan oleh salah satu Peneliti Senior di LIPI, Siti Zuhro. Siti mengatakan, surat tersebut ditujukan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pusat Penelitian Biologi LIPI. "Iya ada surat tertulis. Untuk ASN atau PNS di Pusat Biologi. Untuk PNS LIPI," kata Siti Zuhro saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Minggu (20/6/2021).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)