Survei Sebut Belum Ada Capres Premium tapi Ada King-Queen Maker, Ini Maksudnya

Kamis, 17 Juni 2021 - 18:29 WIB
loading...
Survei Sebut Belum Ada Capres Premium tapi Ada King-Queen Maker, Ini Maksudnya
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai hingga saat ini belum ada satu sosok yang dianggap bisa menjadi capres premium. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - LSI Denny JA menyebut hingga kini belum ada calon presiden (capres) premium . Meskipun Prabowo Subianto yang selama ini sering berada di peringkat teratas survei, namun Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu belum bisa dikatakan capres premium.

Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud capres premium versi LSI Denny JA? Peneliti LSI Denny JA Network, Adjie Alfaraby menjelaskan, capres kelas premium adalah capres yang elektabilitasnya di atas 25 %.

"Semua capres yang namanya mengemuka ke publik termasuk, capres veteran Prabowo Subianto, elektabilitasnya hanya di bawah 25%," kata Adjie dalam rilis hasil survei LSI Denny JA yang diterima SINDOnews, Kamis (17/6/2021).

LSI Denny JA menegaskan Pilpres 2024 masih 2 tahun 8 bulan lagi. Mereka yang akhirnya berlaga pada Pilpres 2024, tak hanya akan dinilai dari dukungan saat ini.Baca Juga: king/queen maker
Terkait peluang Prabowo pada Pilpres 2024 yang juga termasuk salah satu king maker, LSI Denny JA menjelaskan kursi Gerindra di DPR adalah 78 kursi. Perolehan kursi Gerindra juga sudah mencapai 3/4 kursi.

"Gerindra hanya butuh tambahan 37 kursi lagi (1/4 kursi) untuk bisa mencalonkan capres atau cawapres. Prabowo berpotensi menjadi capres 2024. Namun tidak pas lagi menjadi cawapres. Karena Prabowo sudah naik pangkat menjadi capres (dua kali pada 2014,2019)," kata Adjie.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)