Nusron Wahid Sulap Pesantren Jadi Shelter dan RS Darurat Covid-19

Kamis, 17 Juni 2021 - 13:54 WIB
loading...
Nusron Wahid Sulap Pesantren Jadi Shelter dan RS Darurat Covid-19
Anggota DPR RI Nusron Wahid. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Anggota DPR RI Dapil Jateng II (Kudus, Jepara, dan Demak) Nusron Wahid menyulap Pesantren Nashrul Ummah yang dipimpinnya dan beberapa pesantren lainnya menjadi shelter dan RS Darurat untuk isolasi Covid 19 .

"Karena persebaran tinggi. Rumah sakit enggak muat lagi. Banyak yang kena Covid, isolasi di rumah, eh malah nulari keluarga yang lain di rumah. Ini bahaya. Perlu terobosan," kata Nusron dalam Launching Shelter dan RS Darurat Pesantren Covid via Zoom, Kamis (17/6/2021).

Nusron mengungkapkan, Pesantren Nashrul Ummah di Desa Mejobo, Kabupaten Kudus secara fisik layak untuk hunian isolasi penderita Covid-19 . "Kita akan ajak pesantren-pesantren lain yang mau untuk sementara dijadilan shalter dan rumah sakit darurat," kata Nusron

Dalam rangka mewujudkan itu, Nusron minta tim asistensi dari BUMN Indonesia Health Care, perusahaan pelat merah yang mengelola rumah sakit. "Mereka sudah pengalaman karena mengelola 72 RS BUMN. RS Pertamedika, Pelni, dan RS top lainnya. Saya terima kasih dan syukur Alhamdulillah Bu Fathimah (Dirut IHC) mau menurunkan tim untuk supervisi," ujar mantan Ketua Umum GP Ansor ini.



Nusron menjelaskan, saat ini shelter dan RS darurat tersebut sedang tahap pembenahan fisik supaya nyaman. "Tempat tidur yang layak sudah kami datangkan. Sekarang perbaikan kamar tidur, kamar mandi, AC, shower dll agar bagus dan bersih. Pokonya tidak kalah dengan RS portable," terang Nusron.

Menurut Nusron, tidak ada yang mengetahui kapan pandemi ini berakhir. Karena itu, dia berikhtiar bagaimana bisa membantu masyarakat dan pemerintah dalam penanganannya. "Pokoknya kalau ada yang gejala ringan agar tidak menular bisa masuk ke shelter dan RS darurat ini," kata politikus Partai Golkar ini.

Rencananya, rumah sakit darurat dan shelter akan mampu menampung maksimal 100 orang. Untuk operasional sehari-hari Nusron akan minta dibantu dengan RS rujukan yang sudah mapan. "Saat ini IHC sudah bersedia. Tinggal kita akan jalin komunikasi dengan klinik dan RS yang sudah mapan yang terdekat," terangnya.



Saat ini, lanjut Nusron, pihaknya juga memanggil para relawan baik tenaga nakes maupun non nakes. "Untuk relawan nakes kami akan minta para mahasiswa STIKES terdekat dan alumni STIKES yang belum jadi perawat. Minimal ada tenaga yang ngerti dan bisa membantu," kata Nusron.

"Intinya, daripada penderita Covid tinggal di rumah masing-masing dan potensi interaksi dengan keluarga dan pihak lain tinggi, kami tawarkan masuk dan isolasi di pesantren dengan nuansa rumah sakit," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0059 seconds (0.1#10.140)