Respons Menag Terkait Saudi Putuskan Haji 2021 Hanya untuk Warga Lokal

Sabtu, 12 Juni 2021 - 18:17 WIB
loading...
Respons Menag Terkait Saudi Putuskan Haji 2021 Hanya untuk Warga Lokal
Menag Yaqut Cholil Qoumas langsung angkat bicara terkait Arab Saudi yang telah memutuskan pelaksanaan ibadah haji 2021 tidak dibuka untuk Internasional. Foto/Kemenag
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas langsung angkat bicara terkait keputusan pemerintah Arab Saudi yang telah memutuskan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 tidak dibuka untuk Internasional.



Yaqut pun berharap, pandemi Covid-19 ini segera berlalu. Tak hanya di Indonesia saja, melainkan juga negara-negara di dunia. "Kita semua berdoa, pandemi segera berlalu atau herd immunity global bisa segera dicapai. Sehingga tahun depan bisa menjalankan ibadah haji bisa dibuka dan dijalankan dengan tenang," ujar dia.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi telah memutuskan menggelar ibadah haji 2021 secara terbatas. Seperti tahun lalu, haji hanya diperuntukkan bagi warga negara Arab Saudi dan ekspatriat. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali saat dihubungi SINDOnews, Sabtu (12/6/2021).

"Pemerintah Arab Saudi mengumumkan dengan pertimbangan masih adanya Pandemi Covid Haji tahun 2021 hanya untuk WN Saudi dan Expatriat dengan jumlah quota 60 ribu," kata Endang Jumali dalam pesan singkatnya kepada SINDOnews.

Meski telah mengumumkan keputusannya, Kerajaan Arab Saudi belum memberikan penjelasan lanjutan mengenai teknis pelaksanaan ibadah haji. Apakah jamaah mendaftar sendiri seperti tahun lalu atau ada kuota untuk masing-masing warga negara asing.

"Ini belum dirilis," ucapnya singkat.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)