Waspada! 19 Provinsi Ini Berpotensi Cuaca Ekstrem

loading...
Waspada! 19 Provinsi Ini Berpotensi Cuaca Ekstrem
BMKG menganalisa adanya sirkulasi siklonik yang berpotensi menyebabkan terjadi cuaca ekstrem di 19 provinsi. Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menganalisa adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan barat Filipina.

BMKG mengatakan sirkulasi lain terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Papua hingga Papua Barat. Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir barat Sumatera Utara hingga Selat Malaka, dari Bengkulu hingga Jambi bagian barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, di Kalimantan Barat, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Sulawesi Tengah, di Maluku Tenggara dan memanjang di Papua bagian tengah.

“Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” keterangan dalam laman resmi BMKG, Rabu (9/6/2021). (Baca juga; Pemprov DKI Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem )

Dengan kondisi ini, berpotensi terjadi cuaca ekstrem di 19 provinsi ini. Sebanak 6 wilayah akan berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yakni di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Kalimantan Utara, Maluku, dan Papua. (Baca juga; 11 Siklon Tropis Berdampak Cuaca Ekstrem Landa Indonesia Sejak 2008 )



Sementara itu, sebanyak 11 wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Papua Barat. Sedangkan 2 wilayah yang berpotensi angin kencang adalah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.
(wib)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top