Hasil Survei, AHY Kembali Masuk Lima Besar Capres 2024

Selasa, 08 Juni 2021 - 19:11 WIB
loading...
Hasil Survei, AHY Kembali Masuk Lima Besar Capres 2024
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali masuk ke dalam bursa Capres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali masuk ke dalam bursa calon presiden (Capres) 2024. Hal itu terlihat dalam rilis survei yang dilakukan Arus Survei Indonesia (ASI) pada Selasa (8/6/2021) siang tadi.

Direktur Eksekutif ASI Ali Rifan menyampaikan lembaganya mengukur elektabilitas calon dengan mengajukan 24 nama tokoh yang berpotensial maju di Pilpres 2024. Nama-nama ini berasal dari sejumlah kalangan seperti pimpinan parpol, kepala daerah, menteri, hingga tokoh agama.

Dari hasil surveinya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto keluar sebagai tokoh yang paling tinggi dengan elektabilitas sebesar 12,5%, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 11,3%, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 9,3%. "Sandiaga Salahuddin Uno 8,3%, AHY 6,4%, Ridwan Kamil 5,9%, dan Khofifah Indar Parawansa 3,9%," kata Ali.

Ali mengatakan, temuan survei nasional ini menyimpulkan bahwa terkait kontestasi Pilpres 2024 belum ada figur dengan elektabilitas dominan dan eksponensial. Hampir semua figur tingkat keterpilihannya saat ini angkanya masih di bawah 15%. Sementara di saat yang sama ada undecided voters sebanyak 22,2%. "Artinya, sebagian besar masyarakat ada kecenderungan masih menunggu figur baru yang muncul atau juga dapat diartikan bahwa sebagian masyarakat belum terlalu fokus memikirkan urusan pilpres," ujarnya.

Dia melanjutkan, karena posisi capres belum ada yang unggul secara dominan, maka setiap anak bangsa yang punya modal rekam jejak mumpuni, kapatitas dan integritas teruji punya kesempatan yang sama untuk maju. "Tentu dengan catatan mendapatkan dukungan partai karena dalam kontestasi pilpres partai menjadi satu-satunya kendaraan dan instrumen seseorang dapat mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)