451 Orang Positif Corona saat Kembali dari Pulau Sumatera ke Jawa

Senin, 24 Mei 2021 - 08:41 WIB
loading...
451 Orang Positif Corona saat Kembali dari Pulau Sumatera ke Jawa
Sebanyak 451 orang terdeteksi positif virus Corona (Covid-19) dari 268.631 orang yang kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa melewati Bakauheni, Lampung. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengungkapkan, sebanyak 451 orang terdeteksi positif virus Corona (Covid-19) dari 268.631 orang yang kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa melewati Bakauheni, Lampung.

Baca Juga: 451 orang positif
Doni mengatakan, sebanyak 451 orang positif Covid-19 tersebut saat ini sedang dirawat di rumah sakit maupun fasilitas isolasi yang ada di wilayah Lampung. "Sekarang dirawat di sejumlah tempat baik di rumah sakit maupun fasilitas isolasi yang ada di wilayah Lampung," kata Doni.

Baca juga: Redam Lonjakan Corona, Satgas Minta Masyarakat Tak Berkerumun dan Bepergian

"Dan kita doakan mereka yang sekarang sedang dalam perawatan dari Satgas khusus Lampung bersama dengan tim kesehatan bisa segera pulih untuk bisa melanjutkan perjalanannya," tambahnya.

Selain itu, Doni meminta agar masyarakat yang kembali dari bepergian khususnya dari wilayah Pulau Sumatera untuk melakukan karantina selama 5x24 jam. "Kemudian bagi mereka yang sudah kembali dari perjalanan atau mudik diingatkan supaya betul-betul melakukan karantina. Karantina mandiri di kediaman masing-masing," ujarnya.

Apalagi diakui Doni, kasus Corona di Sumatera dalam waktu 1,5 bulan terakhir ini mengalami peningkatan. "Jangan dulu ada kegiatan aktivitas utama yang berasal dari wilayah pulau Sumatera, yang kita ketahui sebagian besar di kota-kota di pulau Sumatera mengalami peningkatan kasus dalam 1,5 bulan terakhir. Mohon ini menjadi referensi," jelasnya.

Doni juga mengingatkan, agar jika terdapat 5 rumah yang positif Covid-19 dalam satu RT, bisa dilaksanakan lockdown mikro. "Satgas daerah, dan juga Posko PPKM Mikro di semua Kelurahan dan Desa betul-betul harus bekerja keras, agar mereka kembali dari bepergian ini tidak menyebarkan virus. Kemudian, apabila terdapat 5 rumah yang positif Covid dalam satu RT, jangan ada pembiaran. Minta supaya bisa punya lockdown skala mikro," paparnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)