Terima Surat Jokowi, 32 Calon Dubes Segera Diuji di DPR

Kamis, 20 Mei 2021 - 17:37 WIB
loading...
Terima Surat Jokowi, 32 Calon Dubes Segera Diuji di DPR
DPR segera mengagendakan uji kepatutan dan kelayakan 34 calon dubes RI di Komisi I. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam rapat paripurna Kamis (20/5/2021) siang tadi, DPR membacakan surat Presiden Jokowi yang berisi pencalonan duta besar (dubes) luar biasa untuk negara sahabat. Surat itu dibacakan Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar selaku pimpinan sidang.

“Surat Nomor R/19/Pres/04/2021 tanggal 29 April 2021 perihal permohonan pertimbangan atas pencalonan duta besar dan berkuasa penuh negara sahabat untuk Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Gus AMI itu di Ruang Rapat Paripurna DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/5/2021).



Ketua Umum PKB ini menjelaskan, seluruh surat yang masuk ke pimpinan DPR, akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku di DPR.“Surat-surat tersebut telah dan akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan DPR RI dan mekanisme yang berlaku,” tegasnya.

Dalam mekanisme di DPR, calon-calon dubes itu akan menjalani serangkaian uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) selama beberapa hari di Komisi I DPR, untuk kemudian hasilnya diserahkan kepada Presiden Jokowi sebagai bahan pertimbangan penempatan dubes tersebut.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 32 calon duta besar Indonesia untuk negara sahabat sudah beredar ke publik. Puluhan nama itu diusulkan oleh pemerintah ke DPR.



Berikut nama-nama calon dubes tersebut:

Abu Dhabi: Extend

Amman: Ade Padmo Sarwono
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)