Viral WNA China Datang lagi ke Indonesia, Kemenhub: Mereka Naik Pesawat Reguler

loading...
Viral WNA China Datang lagi ke Indonesia, Kemenhub: Mereka Naik Pesawat Reguler
Potongan kedatangan warga negara Cina di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Sabtu 15 Mei 2021. Foto: Instagram @warungjurnalis
JAKARTA - Sebanyak 170 lebih warga negara China kembali datang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten pada Sabtu 15 Mei 2021. Video kedatangan mereka di Tanah Air viral di media sosial.

Dalam postingan akun Instagram @warung_jurnalis, Minggu (16/5/2021), mereka diduga datang menggunakan pesawat carter China Southern CZ387. Beberapa di antara warga negara asing tersebut nampak menggunakan baju hazmat.

Baca juga: Datang Begelombang, Ratusan WNA China Masuk Indonesia dengan Izin Kerja

"Mereka menggunakan pesawat Carter dari Ghuangzho, padahal Menhub masih memberlakukan larangan penerbangan pesawat carter hingga 17 Mei 2021," demikian caption video.



Dalam video yang tersebar dipostingan itu terlihat warga asal China mencolok di antara penumpang lainnya. Selain menggunakan baju hazmat lengkap warna putih, para penumpang berbondong-bondong menjalani pemeriksaan ketat, baik keimigrasian maupun pemeriksaan kesehatan di Bandara Soetta.

Baca juga: Puan Maharani Minta Pemerintah Larang WNA Masuk Indonesia

"Berdasarkan manifest terdapat 170 penumpang asal Cina diantaranya 158 warga negara China dan 12 orang warga negara Indonesia," tambahnya dalam caption.

Namun demikian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membantah bahwa kedatangan warga negara dari luar negeri tersebut menggunakan pesawat carter. Pasalnya, saat ini pemerintah masih melarang penggunaannya.

"Pesawat carter yang bawa TKA dari luar negeri sudah diberhentikan sejak 5 Mei 2021. Yang ada adalah penumpang umum yang menggunakan pesawat reguler dari luar negeri, yang sudah mengikuti ketentuan imigrasi dan protokol kesehatan. Penumpang pesawat ini bisa WNI seperti pekerja migran atau pelajar, diplomat, akademisi dan lain-lain," kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati saat dikonfirmasi, Senin (17/5/2021).

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak Imigrasi perihal kabar ketibaan diduga ratusan WN Cina tersebut.
(thm)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top