Komnas HAM Berharap Presiden Selesaikan Konflik Papua lewat Jalan Damai

Rabu, 05 Mei 2021 - 21:23 WIB
loading...
Komnas HAM Berharap Presiden Selesaikan Konflik Papua lewat Jalan Damai
Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik mengaku menerima dukungan dari Presiden Jokowi terkait penanganan konflik di Papua. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik mengaku menerima dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan konflik di Papua.

Menurut dia, usulan untuk berdialog damai yang selama ini digencarkan pihaknya direspons positif.

Salah satu contoh terkininya yaitu kasus pelabelan teroris terhadap KKB di Papua yang ditetapkan oleh Pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD. Dimana, saat Komnas HAM tak setuju dengan hal itu, beragam hoaks dan komentar miring dialamatkan.

"Kami menolak pelabelan teroris, perundungan terhadaP embaga bahkan individu terjadi. Saya diungkit lagi lah bahwa pernah berfoto sama Tommy Soeharto. Padahal dari dulu itu fotonya sudah dibantah, itu bukan saya. Pernah jadi komisaris freeport, kapan ya saya jadi komisaris freeport. Perundingan itu terjadi jug pada teman-teman komisioner lain," ujarnya.

Selain Presiden Jokowi yang setuju pendekatan kemanusiaan untuk menyelesaikan masalah Papua, dukungan juga datang dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Dukungan itu disampaikan oleh Hadi dari beberapa kali pertemuan bersama Taufan.

"Secara pribadi waktu itu saya juga bicarakan kepada Panglima TNI, ‘Apakah operasi keamanan tidak bisa diubah, dimodifikasi menjadi operasi sejahtera?’. Beliau setuju. Itu satu harapan waktu itu kami dapatkan," jelasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)