Data Pemilih di KPU Dikabarkan Bocor, Dukcapil Pastikan Server E-KTP Aman

Jum'at, 22 Mei 2020 - 12:06 WIB
loading...
Data Pemilih di KPU Dikabarkan Bocor, Dukcapil Pastikan Server E-KTP Aman
Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrullah memastikan bahwa data kependudukan aman. Foto/Kemendagri
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrullah memastikan bahwa data kependudukan aman. Hal ini menyusul adanya kabar bocornya data pemilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Seperti diketahui dalam menyusun data pemilih, KPU menggunakan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) yang disusun oleh Dukcapil Kemendagri. “Dari Dukcapil tidak ada kebocoran data,” ujarnya melalui pesan singkatnya, Jumat (22/5/2020). (Baca juga: Data Pemilih Pemilu Dibobol Hacker, KPU Langsung Cek Server Data )

Zudan mengatakan sejauh ini tidak ada gangguan server e-KTP. Menurutnya data e-KTP tidak diperuntukkan bagi masyarakat umum.

“Memang tidak ada gannguan di server e-KTP. Kita jaringan tertutup dan tidak dibuka untuk umum,” tuturnya.

Dia pun meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan datanya di Dukcapil. “Masyarakat tidak perlu khawatir. Dukcapil Kemendagri tidak ada kebocoran data. Dari log dan traficnya tidak ada indikasi yang mencurigakan. Insya Allah aman,” pungkasnya. (Baca juga: Marbot Masjid di Palembang Dikeroyok Saat Membangunkan Sahur)
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1995 seconds (10.101#12.26)