Panja DPR Apresiasi Penurunan Harga Penerbangan Haji 2021

Jum'at, 30 April 2021 - 19:09 WIB
loading...
Panja DPR Apresiasi Penurunan Harga Penerbangan Haji 2021
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI sekaligus Ketua Panja Haji DPR, Diah Pitaloka. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Panitia Kerja (Panja) Haji Komisi VIII DPR RI mengucapkan terima kasih kepada PT Garuda Indonesia yang bisa menurunkan harga penerbangan jamaah dalam rapat persiapan perencanaan pembiayaan jamaah haji Indonesia 1442 H. Turunnya harga penerbangan untuk jamaah haji ini diharapkan mampu menekan pembiayaan haji secara keseluruhan. Sebab, komponen biaya penerbangan cukup signifikan pengaruhnya terhadap besaran biaya haji Indonesia.

Sesaat setelah rapat Panja Haji DPR-RI, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI sekaligus Ketua Panja Haji DPR, Diah Pitaloka memberikan keterangan rencana subsidi biaya haji dari APBN dan nilai manfaat dana haji yang dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Saya berharap masih bisa dilakukan efisiensi dari skema pembiayaan yang diusulkan oleh Panja Haji pemerintah," kata Diah Pitaloka, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: MUI: Pemerintah Tak Boleh Memaksakan Penyelenggaraan Haji

"Sedang diperjuangkan oleh Panja Haji dengan adanya pendekatan efisiensi dari pengurangan waktu ibadah haji di saat pandemi COVID-19, sehingga beban penambahan biaya ke APBN dan nilai manfaat dana haji tidak terlalu memberatkan," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Panja Haji sedang melanjutkan pembahasan dan tengah menunggu referensi harga akomodasi, konsumsi, dan transportasi di Arab Saudi yang akan dikomunikasi dengan segera oleh Kementerian Agama. "Kami menunggu kepastian harga untuk menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH), sehingga tidak disusun berdasarkan asumsi semata," kata Diah Pitaloka.

"Kami berkomitmen untuk memberikan usaha yang maksimal dalam memberikan pelayanan haji di tengah pandemi apabila Indonesia memperoleh kuota haji di musim haji 1442 Hijriyah," kata Diah Pitaloka.

Baca juga: Begini Alur Pergerakan Jamaah Jika Haji 1442 H Digelar di Masa Pandemi
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)